Dampak Buruk Berikan MPASI Jus Buah pada Bayi

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 24 Mei 2017 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 24 481 1698700 dampak-buruk-berikan-mpasi-jus-buah-pada-bayi-2Y2aX8z6jW.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

BAYI enam bulan seharusnya cukup diberikan buah segar yang dihaluskan. Saat membuatnya, jangan tambahkan gula Moms, karena memicu kerusakan gigi.

Banyak orangtua yang tidak memahami MPASI sehat untuk buah hati. Jika tidak diganti, bisa memicu gangguan kesehatan pada bayi.

Kebijakan baru pernyataan yang dikeluarkan oleh American Academy of Pediatrics, jus buah tidak mengandung nutrisi manfaat untuk anak-anak berusia di bawah satu tahun. Karenanya orangtua harus menghindari pemberian MPASI dengan menu jus buah.

"Ibu dapat melihat buah itu sehat, tapi jika ditambahkan gula dan air, nutisinya bisa hilang," ujar Melvin Heyman dari American Academy of Pediatrics, dikutip Zeenews, Rabu (24/5/2017).

Dia menjelaskan, bayi yang minum jus buah berlebihan akan mengalami kenaikan berat badan dan kerusakan gigi. Maka, makanan terbaik untuk si kecil yaitu ASI dan makanan alami dari buah, sayuran, dan daging.

Mengingat buah kaya serat yang dapat melancarkan pencernaan si kecil. Akibatnya bayi tak mengalami kesulitan buang air besar.

Moms yang ingin memberikan makan buah sebagai menu MPASI sebaiknya diberikan dengan cara dipotong-potong. Atau haluskan buahnya untuk memudahkan bayi memakannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini