Share

Terkena Sepsis, Bayi Rentan Meninggal Dunia Sebelum Usia 28 Hari

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 24 Mei 2017 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 24 481 1699005 terkena-sepsis-bayi-rentan-meninggal-dunia-sebelum-usia-28-hari-CSOSLYRpzn.jpg Ilustrasi (Foto: Babycenter)

BAYI baru lahir sebelum usia 28 hari sangatlah rentan dengan perubahan bentuk kehidupannya. Banyak bentuk perawatan khusus untuk bayi yang dapat mencegah kematian.

Spesialis Anak dr Bernie Endiarini Medise, SpA(K) MPH mengatakan, usia 28 hari pertama merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi. Mereka mengalami perkembangan sistem dengan perubahan yang signifikan, terutama di bagian kulitnya.

"Banyak orangtua yang kurang perhatian dengan perawatan kulit bayi baru lahir yang tepat. Padahal semasa neonatal, bisa menyebabkan sepsis pada kulit bayi,"ungkap dr Bernie di sela Peluncuran Program Sentuhan Penuh Harapan oleh Johnson's Baby di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu (24/5/2017).

Data WHO 2015 menyebutkan, sekira 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Karena angka kematian neonatal masih tinggi, menjadi salah satu isu kesehatan di Indonesia.

โ€œSelama masa neonatal, kulit bayi sangat sensitif. Maka dari itu, diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi di masa neonatalnya,"imbuhnya.

Sementara itu, menurut CDC, kasus sepsis di dunia yang dialami bayi baru lahir jumlahnya lebih dari satu juta setiap tahun. Masalah ini seharusnya bisa dicegah dengan cara alami.

Mengingat, bayi baru lahir butuh adaptasi dengan kehidupan lingkungan dari bentuk janin. Sebelumnya, dia dilindungi oleh air ketuban selama di dalam kandungan.

"Bayi sangat rentan, sehingga penanganannya harus khusus. Sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah penting, karena selain dapat memperlancar peredaran darah bayi, juga meningkatkan imunitasnya," terangnya.

Merawat bayi baru lahir dengan tepat, bisa membuat bayi tumbuh sehat. Usia hidupnya juga lebih panjang, dibandingkan mereka yang tidak diperhatikan sama sekali.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini