nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Susah Makan Setelah 15 Menit, Jangan Paksa Ya Moms!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 25 Mei 2017 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 25 196 1699429 anak-susah-makan-setelah-15-menit-jangan-paksa-ya-moms-qJG0cjVfuY.jpg Anak Susah Makan (Foto: Huffingtonpost)

BANYAK anak-anak yang menghentikan aktivitas makan mereka karena beberapa hal. Terkadang mereka tak mau makan lagi setelah beberapa kali suapan. Lalu apa yang harus dilakukan orangtua?

Menurut dr. Tjhin Wiguna Sp.KJ anak-anak memiliki alasan sendiri kenapa mereka berhenti makan. Karena itu, orangtua tak perlu memaksakan mereka untuk makan kembali. Hanya saja, Anda perlu memberi batasan pada saat mereka makan.

Dr. Thjin mengatakan, sebaiknya ambil makanan anak setelah 10 – 15 menit. Anak-anak memiliki alasan sendiri mengapa mereka tak melanjutkan makan.

“Mungkin dia sudah kenyang atau mungkin sudah tidak mau makan lagi. Bisa kenyang atau ada sesuatu yang dia enggak suka. Jadi kita mengenali bahwa itu sinyal yang dikirim oleh anak kita,” jelas dr. Tjhin Wiguna saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 24 Mei 2017.

Dr. Tjhin melanjutkan, orangtua perlu memahami tanda anak tidak mau melanjutkan makan.

“Mungkin sejam kemudian kita kasih dia makanan yang lain,” ujarnya.

Lalu perlukah memaksa anak agar mau makan? Menurut dr. Tjhin, jika Anda memaksakan anak untuk makan, artinya Anda melupakan konsep makan yang menyenangkan untuk anak.

“Kalau dipaksa berarti kan suasananya tidak menyenangkan lagi. Jadi itu tidak sesuai dengan konsep yang kita tawarkan yaitu, memberikan dia rasa senang pada waktu makan, rasa bahagia. Kalau dipaksa kan sudah enggak senang lagi,” pungkas dr. Tjhin.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini