Share

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Membersihkan Kuas Make-Up

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2017 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 26 194 1700609 4-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-membersihkan-kuas-make-up-CNFikuVnPV.jpg Kuas make up (Foto: Sedona Lace)

BAGI Anda yang senang merias wajah, kuas tentu menjadi salah satu alat make-up yang biasa digunakan sehari-hari. Karena itu, penting untuk selalu membersihkan kuas make-up secara rutin agar nantinya tidak menimbulkan masalah pada kulit.

“Kuas make-up yang kotor menyebabkan masalah jerawat pada wanita. Ketika mengaplikasikan make-up, Anda menggunakan kuas yang sama setiap hari yang meninggalkan foundation, bedak, dan produk make-up lainnya. Ini yang membuat pori-pori wajah tertutup. Bila Anda tidak membersihkannya, kotoran atau bakteri akan menyebar pada wajah, bukan tidak mungkin ini menyebabkan masalah infeksi,” terang Julie Russak, M.D., FAAD, Board Certified Dermatologist, seperti dikutip Bustle, Jumat (26/5/2017).

Sayangnya, masalah yang kerap terjadi, banyak orang yang melakukan kesalahan saat membersihkan kuas make-up. Apa saja kesalahan tersebut?

Tidak mencuci kuas make-up sesering mungkin

Untuk jenis kuas concealer dan foundation, sebaiknya bersihkan seminggu sekali untuk mencegah akumulasi bakteri dari produk kecantikan yang diaplikasikan. Lantaran kuas digunakan pada wajah, maka semakin bersih kuas yang digunakan akan semakin baik. Dan, semakin sering menggunakannya maka sebaiknya semakin sering pula Anda membersihkannya.

Tidak mencuci kuas make-up secara menyeluruh

Membilas kuas make-up dengan air saja tidak cukup untuk menghilangkan produk make-up yang menempel. Karena itu, penting untuk membersihkan kuas menggunakan sabun atau produk pembersih khusus kuas.

Menggunakan produk pembersih kuas yang salah

Dr Russak menyarankan agar memilih sabun pembersih kuas yang tidak mengandung wewangian atau sabun organik. Sebaiknya, tidak menggunakan produk pembersih yang mengandung wewangian lantaran kuas akan diaplikasikan pada wajah. Salah-salah kulit wajah menjadi iritasi dan berjerawat.

Tidak mengeringkan kuas secara sempurna

Well, hal yang cukup menjengkelkan saat membersihkan kuas make-up adalah menunggunya kering secara sempurna. Saat mengeringkannya, hindari dalam posisi berdiri lantaran sisa airnya yang bisa merusak bulu-bulu kuas. Sebaiknya, letakkan kuas make-up pada handuk atau tisu kering dalam posisi tidur lalu biarkan mengering.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini