nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Perempuan Tidak Paham Manajemen Kebersihan Menstruasi

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2017 16:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 26 481 1700597 banyak-perempuan-tidak-paham-manajemen-kebersihan-menstruasi-XUMSfoPZbW.jpg Ilustrasi (Foto: Wisegeek)

SETIAP wanita pasti akan mengalami menstruasi. Anda harus paham dengan manajemen kebersihan menstruasi agar kebersihan Miss V lebih terjaga.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan dr Eni Gustina, MPH mengatakan, banyak perempuan yang tidak paham dengan kesehatan selama menstruasi. Semua harus mempelajarinya untuk pencegahan penyakit.

"Menstruasi merupakan proses biologis normal. Perempuan harus memakai pembalut sekali pakai untuk mencegah kuman berkembang biak," kata dr Eni saat temu media Peringatan Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat (26/5/2017).

WHO menyarankan, setiap perempuan harus dapat menggunakan pembalut bersih. Frekuensi gantinya harus sesering mungkin, setiap enam jam sekali.

Saat mengganti pembalut, juga membutuhkan sanitasi yang bersih. Harus ada akses air bersih, sabun dan tissue atau handuk.

Cara tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan diri dan nyaman. Tapi sayangnya, tidak banyak wanita yang paham dengan menjaga kebersihan selama haid.

"Penyediaan sanitasi di Indonesia masih banyak yang belum memenuhi syarat bersih, apalagi di fasilitas publik. Kurangnya akses ini membuat perempuan kurang sadar menjaga kebersihan selama menstruasi," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini