Gangguan Tiroid Bisa Sebabkan Hamil Anggur

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2017 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 26 481 1700811 gangguan-tiroid-bisa-sebabkan-hamil-anggur-D2p2AToxlN.jpg Ilustrasi (Foto: Zofranlegal)

TIDAK hanya hipertiroid dan hipotiroid, gangguan tiroid juga dapat menyebabkan penyakit hamil anggur atau autoimun. Bagi wanita, kehamilan merupakan kabar gembira. Sayangnya, kehamilan anggur ini bisa menyebabkan

Dr Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, mengatakan hipertiroid dan hiperemesis (muntah-muntah) saat kehamilan ini disebabkan oleh produksi hormon yang mirip TSH, yakni hormon hCG.

Timbulnya hamil anggur ini disebabkan oleh produksi hCG yang berlebihan, sehingga menyebabkan hamil anggur.

"Di Indonesia, hami anggur ditemukan 12 dari 1000 kehamilan. Sehingga waktu ia hamil anggur, hormon hCG naik dan gejalanya seperti hipertiroid," jelas dr Roy di Gedung Sujudi Kemenkes RI, Jakarta Selatan, Jumat (26/5/2017).

Saat dokter memeriksa, pasien diduga mengalami hipertiroid karena gejalanya yang khas. Begitu diobati, gejala mereka tidak membaik. Namun, ketika dipantau lebih lanjut, pasien hamil itu mengalami kehamilan anggur.

Pengobatan tidak membuat pasien sembuh dari gejala ini. Dr Roy mengatakan, ketika hamil anggurnya diangkat, pasien merasa lebih baik.

"Pas diobati terus ia tidak membaik. Maka, kehamilannya (anggur) dibuang, pasien sembuh," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini