nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyakit yang Mengintai Akibat Tak Sering Bersihkan Pembalut

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 27 Mei 2017 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 27 481 1701104 penyakit-yang-mengintai-akibat-tak-sering-bersihkan-pembalut-0cXj55l3F9.jpg Ilustrasi (Foto: Gynaikahealth)

LADIES, saat menstruasi jangan malas bersihkan area intim dan sering ganti pembalut. Jika tidak, Anda akan mengalami penyakit berbahaya dan sensitif.

Anggota Satgas Remaja IDAI dr Frida Soesanti SpA(K) mengatakan, setiap perempuan harus menjaga kebersihan tubuh saat menstruasi. Cara ini akan mencegah penyakit infeksi di area intim.

"Karena ga sering ganti pembalut bisa iritasi ringan. Atau lebih fatalnya mengarah pada infeksi saluran kemih dan infeksi saluran reproduksi," ujar dr Frida saat temu media di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Jumat 26 Mei 2017.

Infeksi itu terjadi akibat kuman yang berkembang biak di area intim. Kuman sangat menyukai daerah kotor dan harusnya dicegah.

"Pada saat menstruasi, Miss V punya bagian labia yang lembap. Kuman senang sekali berkembang biak di sana tentunya," tambahnya.

Untuk pencegahan, setiap menstruasi perempuan disarankan untuk ganti pembalut. Pakailah pembalut sekali buang dan ganti setiap enam jam sekali.

"Sebelum ganti pembalut bersihkan area Miss V dulu dengan air biasa. Lalu keringkan dan ganti pembalut baru," simpulnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini