Ini Dampak Fatal Komplikasi Hipertiroid dan Hipotiroid

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 27 Mei 2017 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 27 481 1701107 ini-dampak-fatal-komplikasi-hipertiroid-dan-hipotiroid-nOlXN6LuEL.jpg Ilustrasi (Foto: Renegadehealth)

GEJALA gangguan tiroid seperti hipertiroid dan hipotiroid yang kurang khas, membuat masyarakat tidak cukup waspada terhadap bahaya tiroid. Selain memengaruhi gaya hidup seseorang, gangguan ini menimbulkan komplikasi yang berakibat fatal.

Dr EM Yunir, SpPD-KEMD, dari PB PERKENI, menyebutkan dampak komplikasi hipertiroid dan hipotiroid.

Hipotiroid

"Kalau hipertiroid didiamkan, metabolisme dia makin lama makin rendah. Pelan-pelan, ia bisa sampai koma karena hipotiroid," terang dr Yunir di Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 26 Mei 2017.

Biasanya hipotiroid ditandai dengan kenaikan berat badan sehingga mengakibatkan orang gemuk, mengantuk, dan malas gerak. Namun, komplikasi ini timbul kronis setelah hipotiroid tidak ditangani bertahun-tahun.

Hipertiroid

"Kalau hormon tiroid tidak dikelola dan tidak diobati, orang itu akan hidup dalam keadaan hipertiroid. Akibatnya, metabolisme tubuhnya tinggi," tambah dr Yunir.

Gejalanya meliputi demam, berat badan turun, dan jantung berdebar-debar. Sampai akhirnya, gejala yang timbul terlalu berat bisa mengalami gangguan gagal jantung. Kadar elektrolit dalam urinnya pun menurun. Begitu juga kadar kaliumnya rendah, sehingga pasien tidak bisa mengangkat kakinya.

Hipertiroid yang ditandai dengan pembesaran bola mata, semakin lama bola matanya semakin keluar. Hal ini menyebabkan matanya kering dan luka. Karena korneanya rusak, menyebabkan pasien tidak bisa melihat. Otot-otot bola matanya juga tidak bergerak seimbang antara kiri dan kanan.

Perlu diketahui, bila hipertiroid sudah sangat berat, pasien dapat mengalami krisis tiroid. Dr Yunir mengatakan, krisis ditandai adanya penurunan kesadaran, gangguan jantung, panas bisa mencapai 42 derajat Celsius, dan akhirnya meninggal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini