nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Menstruasi Terlalu Dini bagi Remaja

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 28 Mei 2017 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 27 481 1701160 dampak-menstruasi-terlalu-dini-bagi-remaja-yQzlsaZieP.jpg Ilustrasi (Foto: Momjunction)

MOMS, wajarnya anak remaja mulai menstruasi di usia 12-15 tahun. Bila terjadi terlalu dini, waspadai dampaknya.

Tapi sayang, faktanya banyak anak-anak di era sekarang mengalami menstruasi sebelum usia 12 tahun. Faktornya sangat beragam, apalagi pengaruh lingkungan.

Ketua Satgas Remaja IDAI dr Frida Soesanti SpA(K) membeberkan berbagai dampak menstruasi terlalu dini. Gangguannya pengaruhi psikologis dan fisik anak.

"Kalau menstruasi terlalu cepat, misalnya di usia sembilan tahun, tinggi badannya bisa berhenti cepat. Anak jadi pendek," kata dr Frida saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Di samping itu, anak juga akan mengalami gangguan psikologis. Dia akan merasa beda dengan teman-teman sebayanya karena mengalami pubertas lebih dulu.

Mulai dari dampak anak sering di-bully hingga mengarah pada depresi. Karena itu, seharusnya orangtua memberikan pengarahan yang benar seputar menstruasi kepada anak remajanya.

"Banyak kasus anak yang belum siap menstruasi lebih gampang merasa beda dan di-bully temannya. Sayang kalau ini terjadi, bisa-bisa mengalami depresi dan mengganggu sekolahnya," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini