nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Faktor Pemicu Remaja Menstruasi Kurang dari Usia 12 Tahun

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 28 Mei 2017 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 27 481 1701164 faktor-pemicu-remaja-menstruasi-kurang-dari-usia-12-tahun-7x7Xnxt3Lv.jpg Ilustrasi (Foto: Everydayhealth)

BANYAK remaja perempuan di Indonesia mengalami menstruasi kurang dari usia 12 tahun. Sebagai orangtua, Anda harus mengenali pemicunya karena banyak sekali dampaknya.

Dijelaskan Anggota Satgas Remaja IDAI dr Frida Soesanti SpA(K), ada berbagai pemicu anak remaja mengalami menstruasi terlalu dini. Simak penjelasannya yang ditulis Okezone:

Pengaruh polusi

Sekira 15 dari 100 anak mengalami menstruasi dini. Faktor pemicunya karena polusi udara. Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota besar, mengalami dampak polusi yang lebih banyak daripada anak yang tinggal di pedesaan.

Isi ulang botol plastik

Berdasarkan penjelasan ilmu endokrin, pengisian ulang air ke dalam botol plastik bisa sangat memicu terjadinya menstruasi dini. Botol plastik mengandung BPA yang berbahaya bagi kesehatan endokrin remaja.

Kelainan idiopathic

Anak perempuan sangat rentan mengalami kelainan idiopathic. Ini merupakan gangguan pengaruh kelenjar hormon di otak yang terlalu aktif daripada anak seusianya. Seharusnya, masalah ini dapat dicegah dengan mengalihkan perhatian anak sejak kecil dari lingkungan orang dewasa.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini