nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembalut Herbal Jaminan Amankah Dipakai Selama Menstruasi?

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 28 Mei 2017 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 27 481 1701371 pembalut-herbal-jaminan-amankah-dipakai-selama-menstruasi-kNl7DP1pMB.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BANYAK sekali jenis pembalut yang dijual di pasaran dengan manfaat sama. Tapi pembalit herbal diklaim lebih aman dari pembalut biasa. Benarkah demikian?

Anggota Satgas Remaja IDAI dr Frida Soesanti SpA(K) mengatakan, segala jenis pembalut sekali pakai dianggap lebih aman daripada pembalut yang bisa dicuci. Tapi dengan jenis yang herbal ternyata tidak berdampak baik.

"Pembalut jenis herbal mau daun sirih, ada kandungan mint dan lainnya itu tidak ada pengaruhnya. Sama saja dengan pembalut lain," ungkap dr Frida saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Saat memilih pembalut, harus benar-benar nyaman. Sekalipun harganuya mahal tak menjamin kenyamanan saat digunakan.

dr Frida membeberkan beberapa jenis pembalut yang boleh dipakai. Seperti pembalut dengan pinggiran karet, berlapis gel atau ada lapisan tissue yang lembut.

"Biasanya pembalut mahal ada pinggiran karet. Ternyata tidak nyaman dipakai dan malah jadi iritasi. Jadi sebaiknya jangan digunakan," kata dr Frida.

Ketika memilih jenis pembalut, cari yang sesuai dan tidak membuat darah menstruasi bocor. Beberapa produk yang dijual juga sudah teruji aman oleh BPOM dan Kementerian Kesehatan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini