nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikan Selais Asap hingga Lempok Durian, Jadi Buruan Kuliner Wisatawan di Riau

Senin 29 Mei 2017 23:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 29 298 1702797 ikan-selais-asap-hingga-lempok-durian-jadi-buruan-kuliner-wisatawan-di-riau-uJvtRArztd.jpg Ikan Selais Asap (Foto: Ist)

Riau merupakan provinsi di Indonesia yang letaknya berada di tengah Pulau Sumatera. Jika kamu sedang berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas, cemilan serta oleh-olehnya yang sangat beragam. Apa sajakah itu? Ini dia deretan makanan khas Riau, yang patut kamu coba.

Ikan Selais Asap

Selain ikan patin, Riau khususnya daerah Pekanbaru juga memiliki ikon kuliner olahan ikan yang terkenal yaitu ikan selais. Ikan ini memiliki bentuk pipih memanjang dan tidak memiliki sisik. Ikan selais biasanya diolah dengan cara diasap selama kurang lebih 8 jam. Anda bisa mendapatkan rasa yang khas dan renyah dari makanan olahan ikan ini. Biasanya ikan selais asap disajikan dengan sambal merah.

Asam Pedas Baung

Baung merupakan ikan air tawar yang memiliki protein tinggi dan rendah lemak. Ikan baung hidup di sungai besar atau muara sungai. Makanan ini diolah menggunakan bumbu rempah-rempah seperti jahe, kemiri, sereh, lengkuas, daun kunyit, cabai merah, dll.

Kuahnya berwarna merah dan daging ikannya lembut. Jika Anda ingin mencicipi kuliner khas Riau yang satu ini bisa mengunjungi Pondok Asam Pedas Baung yang terletak di seberang Rumah Sakit Awal Bross.

Mi Tarempa

Mi tarempa merupakan mi kuning dengan tambahan kecambah dan potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabai. Anda dapat menemukan kuliner ini di Kabupaten Anambas atau Tanjung Pinang yang sudah terkenal sebagai tempat yang terdapat Mi Tarempa.

Lempok Durian

Makanan khas Riau yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan durian. Lempok merupakan makanan seperti dodol yang terbuat dari durian Siantan yang memiliki rasa nikmat. Pembuatannya dilakukan secara turun temurun dengan cara sederhana. Anda dapat menemukan lempok durian ini di toko-toko makanan yang terdapat di Kota Tarempa atau Letung.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini