Wajib Tahu, 7 Makanan Awet Kenyang saat Puasa

Selasa 30 Mei 2017 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 30 298 1703618 wajib-tahu-7-makanan-awet-kenyang-saat-puasa-nqgclZLMTf.jpg Sup kacang merah (Foto:Royco)

RASA lapar tentunya akan datang saat seseorang melakukan puasa. Walau pagi hari telah sahur, namun dalam hitungan jam rasa kenyang itu cepat hilang dan berganti lapar.

Ketika puasa sebenarnya ada beberapa makanan yang bagus dikonsumsi saat sahur. Makanan-makanan ini bisa membuat awet kenyang di perut sehingga rasa lapar akan lama datang. Berikut makanan-makanan awet kenyang saat puasa.

Sup

Kandungan berbagai sayur di dalamnya mampu membuat kenyang tahan lama. Sebuah penelitian terbaru dari Pennsylvania State University mengungkapkan, perempuan yang mengonsumsi satu porsi sup untuk sarapan, makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang dibanding wanita yang makan nasi saat sarapan.

Kandungan air yang tinggi dalam sup, serta sayuran yang ada di dalamnya akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Namun sup yang dikonsumsi merupakan jenis cair dan bukan yang krim.

Oatmeal

Makanan jenis ini biasa dipakai untuk sarapan dan menjadikan tubuh tetap berenergi. Oatmeal merupakan sumber terbaik dari serat dan fitokimia yang mempromosikan tubuh dan jantung yang sehat. Agar lebih nikmat oatmeal dapat diracik dengan gula merah atau bahan baku gula lainnya, tuangkan susu, taburkan kayu manis, tambahkan buah-buahan, campur dengan kacang-kacangan, tambahkan selai kacang.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan. Selain itu kacang-kacangan juga mengandun serat yang bagus untuk pencernan.

Kentang

Kentang banyak mengandung karbohidrat. Di Eropa, kentang menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi selain roti untuk mengganti karbohidrat. Kentang bisa bikin kenyang tiga kali lipat lebih lama dibanding roti.

 

Telur

Hasil studi yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles menyebutkan, orang yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi telur saat sarapan cenderung bisa menahan lapar. Telur merupakan kombinasi sempurna antara protein dan lemak sehingga lebih mengenyangap dibanding sarapan lainnya.

Buncis

Buncis merupakan sayur yang dapat dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan serat tidak larut, buncis tidak hanya membuat tetap kenyang, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Vitamin, mineral dan protein terkandung dalam setiap porsi buncis.

Lada Merah

Penelitian dari Universitas Purdue di West Lafayette menemukan, orang yang menambahkan setengah sendok teh lada merah untuk makanannya, akan mengonsumsi 60 kalori lebih sedikit saat makan berikutnya. Menambahkan setengah sendok teh lada dalam makanan akan membantu menghilangkan 10 kalori pada tubuh.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini