Akibat Penyakit Misterius, Pria Ini Dijuluki ''Hantu yang Terkutuk''

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 30 Mei 2017 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 30 481 1702970 akibat-penyakit-misterius-pria-ini-dijuluki-hantu-yang-terkutuk-OLKe9H6L8u.jpg Ilustrasi (Foto: Celesteprize)

PERCAYA atau tidak, tampilan fisik dan wajah memainkan peran yang besar dalam dunia sekarang ini. Sayangnya, individu yang menderita kelainan langka yang berpengaruh terhadap kulit dan wajah, harus menghadapi cobaan berat dalam hidup mereka.

Orang seperti itu sering mengalami stigma sosial karena penampilan mereka. Termasuk takhayul yang masih beredar di kalangan masyarakat.

Menurut laporan Deccan Chronical, seorang musisi Antonio Reloj asal Filipina dijuluki sebagai "manusia hantu" oleh masyarakat setempat. Pasalnya, Reloj menderita penyakit ichthyosis parah, yang menyebabkan kulitnya mengeras, retak, dan tampak seperti terbakar.

Kondisinya ini memaksa Reloj bersembunyi dari dunia luar. Pasalnya, penglihatan Reloj kian memburuk, bahkan infeksinya menyebar di sekujur wajahnya.

(Foto: Zeenews)

Pria berusia 26 tahun itu dibesarkan oleh sang nenek, saat ibunya meninggalkan Reloj di usia 12 tahun karena kondisi kulitnya yang langka.

Ia terus-menerus diintimidasi oleh penduduk setempat yang memanggilnya "manusia hantu yang terkutuk". Ia urung berkeliaran di tempat umum, seperti gereja dan pasar. Ia lebih nyaman tinggal di gubuk kayu.

Ia mengatakan, kulitnya terkadang sangat sakit ketika bergerak terlalu banyak. Ia berharap agar masyarakat mengerti mengenai penyakit ini.

Reloj akhirnya mendapatkan bantuan medis dan mendapatkan perawatan ke Manila. Dokter pertama mendiagnosisnya menderita ichthyosis. Ia menyarankan untuk meresepkan losion untuk menghidrasi kulitnya. Demikian dilansir dari Zeenews, Selasa (30/5/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini