Ternyata 4 Kebiasaan Ini Sama Bahayanya dengan Merokok

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 31 Mei 2017 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 30 481 1703115 ternyata-4-kebiasaan-ini-sama-bahayanya-dengan-merokok-TBVaC91w14.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

TIDAK merokok memang kebiasaan yang menyehatkan. Namun, ada beberapa kebiasaan lainnya yang tidak kurang berbahaya juga dari bahaya merokok. Kadang kebiasaan ini kerap tidak kita sadari, tapi ini saatnya di bulan Ramadhan ini Anda mengubah kebiasaan tersebut.

Melansir laman Thehealthsite, Rabu (31/5/2017), berikut kebiasaan yang sama bahayanya dengan merokok.

Diet protein tinggi hewani

Protein hewani kaya akan hormon IGF-1 yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism menemukan, orang-orang yang diet protein tinggi hewani ini, pada usia paruh baya cenderung menderita kanker.

Gaya hidup yang tidak aktif

Sebuah studi yang dilakukan oleh Alberta Health Services-Cancer Care di Kanada menemukan bahwa orang yang tidak aktif bergerak cenderung mengalami kanker paru-paru, prostat dan usus besar setiap tahunnya. Hal ini dikaitkan dengan gaya hidup yang kurang olahraga

Menggunakan minyak goreng yang salah

Sebuah studi telah menemukan, memasak dengan minyak kedelai bersuhu tinggi dapat melepaskan senyawa aldehida, partikel terkait, serta hidrokarbon aromatik polisiklik yang ditemukan dalam asap rokok. Senyawa tersebut kerap menyebabkan pembengkakan saluran napas. Pilihlah, minyak goreng terbaik seperti minyak zaitun untuk memasak.

Tidak cukup tidur

Kurang tidur bisa memicu serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, serta sejumlah masalah kesehatan lainnya. Studi terbaru menemukan, tingkat kematian akibat kurang tidur sama dengan tingkat kematian pada perokok.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini