Image

JELAJAH ISLAM: Melihat Simbol Keharmonisan Antar Agama di Masjid Cordoba, Spanyol

Tentry Yudvi, Jurnalis · Rabu 31 Mei 2017, 14:20 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 05 31 406 1704117 jelajah islam melihat simbol keharmonisan antar agama di masjid cordoba spanyol H8hALiz72P.JPG Masjid Cordoba, Spanyol (foto: Instagram/@restonearth)

PENYEBARAN Agama Islam rupanya tak hanya bisa dirasakan saat berkunjung ke Timur Tengah dan Asia saja. Tetapi, wisatawan muslim juga bisa melihat keindahan situs Islam di Spanyol yang terletak di Eropa.

Tak banyak yang mengetahui keberadaan situs Islam di negeri ini, sebab, umumnya wisatawan mencari wisata sejarah dari gedung-gedung tua bekas peninggalan kerajaan Romawi. Namun, wisatawan muslim bisa mencoba pergi ke Masjid Agung Cordoba.

Di masjid ini, Anda akan takjub dengan arsitektur dan megahnya bangunan. Luasnya saja menduduki posisi ketiga masjid terbesar setelah Masjidil Haram di Makkah, dan Masjid Biru di Turki. Bangunan ini juga menjadi salah satu warisan umat muslim di Spanyol.

Masjid yang berlokasi di Andalusia sebuah kawasan muslim di Spanyol, pertama kali ditemukan oleh Abd-Ar-Rahman di tahun 787. Kemudian, seorang khalifah membuat pemugaran dengan menambahkan unsur keyakinan lain yang harmonis dalam setiap ukiran.

Contrast #renaissance #moorish #architectanddesign #cordoba #cordobamosque #mosqueofcordoba #spain

Sebuah kiriman dibagikan oleh @weeneeth pada Mei 20, 2017 pada 9:27 PDT

Ukiran dan seni arsitektur dari masjid ini bisa dilihat di bagian pilar dan atapnya. Pada perubahan pertama, Abd-Al-Rahmab menggunakan arca yang sama digunakan di Masjid Quairawan di tahun 836. Lalu, tahun 961 di bawah Al-Hakem II, teknik ketiga ditambahkanlah motif-motif cantik yang dicetak dari sepatu kuda.

#cordobamosque #spain

Sebuah kiriman dibagikan oleh gönlümüz gezgin İstanbul (@gonlumuzgezgin) pada Nov 20, 2015 pada 11:55 PST

Setelah beberapa percobaan di Cordoba, mulailah penggunaan kubah bertulang di Andalusia menyebar. Gaya masjid juga menunjukan keindahan yang sama seperti masjid di Maroko.

Dilansir dari muslimheritage, Rabu (31/5/2017), beberapa tahun kemudian, ornamen masjid ditambahkan dengan gaya ala gereja Kristen di Eropa. Di mana sentuhan ini menjadikan masjid sebagai simbol keharmonisan antar umat beragama.

Por fin me he puesto con las fotografías de #cordoba A pesar de que el motivo del viaje era la fiesta de los #patiosdecordoba, ya pondré fotos de los patios, mi principal ilusión era conocer la #mezquitadecordoba por eso, la primera fotografía que comparto es de la #cupula árabe de la mezquita que me dejó flipado. Por otro lado, quería dedicar esta fotografía a la Mari @lamaquica que ayer fue su cumpleaños y se me pasó... 🙈😱😰😔 espero que tuvieses un día espectacular, uno de esos días de caramelo, del sabor que más te guste, que te endulzase la vida y te hiciera feliz. Que estuvieses rodeada de aquell@s a quienes quieres y que te quieren. Todo lo demás sobra. Felicidades 🍾🎈🎊🎉!!! #igerscordoba #igersandalucia #igersspain #igersguadalajaraesp #mezquita #turismodeandalucia #turismodecordoba #mosque #cordobamosque #cordobaesp #cordobamemola #goldenlight #monumentosdeespaña #andaluciamonumental #cordobamonumental #mosquée #mosque🕌 #nikkor1424 #granangular #arquitectura #catedrales #andalucia_turismo #andaluciaviva #estaes_cordoba #hoboh @mespetitsaccidents

Sebuah kiriman dibagikan oleh José E. (@elgato.malo) pada Mei 10, 2017 pada 5:40 PDT

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini