Uniknya Mentu, Hidangan Khas Berbuka Puasa Asal Madura

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 01 Juni 2017 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 01 298 1705093 uniknya-mentu-hidangan-khas-berbuka-puasa-asal-madura-6Xay70UY9F.jpg Mentho kuliner khas Madura (Foto:Imgrum/@Ora_kitchen)

KEKAYAAN kuliner Indonesia semakin terlihat di saat momen tertentu, salah satunya saat Ramadan seperti sekarang ini. Banyak makanan khas daerah yang hanya hadir setahun sekali di momen bulan puasa, misalnya mentu hidangan buka puasa asal Madura, Jawa Timur.

Dari video yang tayang di stasiun televisi INews terlihat laporan audio visual yang memperlihatkan mentu. Ini adalah makanan khas Madura dan biasanya dibuat serta disantap oleh masyarakat sebagai hidangan takjil saat berbuka puasa.

 

Komposisi mentu sendiri termasuk yang simpel yakni adonan dari tepung terigu, gula dan telur yang diaduk bersama. Kemudian adonan ini dimasak tipis-tipis seperti dadar menggunakan wajan kecil. Dadar ini nantinya ditumpuk bersama berbagai topping.

Isian dan topping yang digunakan cukup beragam mulai dari daging kambing cincang, wortel dan beberapa bumbu serta rempah khas. Susunan ini ditumpuk hingga 15 lapis, jadi tak heran santapan ini kerap disebut lasagna orang Madura.

Mentu yang populer di Pamengkasan ini dianggap cocok dijadikan menu berbuka karena rasanya yang nikmat dan porsinya bisa dipotong menjadi bagian yang lebih kecil. Jadi jika sempat berkunjung ke Madura saat bulan Ramadan, pastikan untuk mencicip nikmatnya mentu ini ya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini