Tips Menyimpan Tahu agar Lebih Tahan Lama

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2017 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 02 298 1705866 tips-menyimpan-tahu-agar-lebih-tahan-lama-eYGgxHJAfZ.jpg Tips menyimpan tahu agar tahan lama (Foto:Bostonmagazine)

MENURUT anjuran dokter, tubuh manusia memerlukan asupan gizi yang seimbang agar mampu menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Salah satu jenis makanan yang direkomendasikan adalah makanan dengan kandungan protein tinggi.

Jadi jangan heran jika tahu, tempe, dan bahan makanan hasil olahan kacang kedelai menjadi primadona di bulan Ramadan ini. Sebelum Anda memutuskan untuk mengolah kudapan tersebut, yuk simak dulu tips memilih dan menyimpan tahu agar lebih tahan lama, sebagaimana dikutip dari buku Aneka Resep Tahu, Tempe, dan Oncom Penggugah Selera, karya Yullia T, Jumat (2/5/2017).

Memiliki tekstur lembut

Pilihlah tahu yang memiliki tekstur lembut dan mudah hancur. Ini menandakan bahwa tahu tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Pastikan pula bagian luar tahu tidak berlendir.

Memiliki aroma harum

Tahu yang segar memiliki aroma harum khas kacang kedelai. Jangan memilih tahu yang berbau obat-obatan atau bahan kimia.

Cuci bersih dengan air mengalir

Sebelum menyimpan tahu di dalam lemari pendingin, cuci lah dengan air mengalir hingga bersih, tiriskan. Setelah itu, rendam tahu dengan air panas selama 5 menit. Proses ini bertujuan untuk mematikan bakteri yang kemungkinan ada di dalam tahu dari air rendaman di pasar. Dengan cara tersebut, tahu Anda dapat bertahan 5-7 hari.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini