nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Isi Ramadan dengan Wisata Religi ke Masjid An-Nur Riau

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2017 12:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 02 406 1705819 jelajah-islam-isi-ramadan-dengan-wisata-religi-ke-masjid-an-nur-riau-krXWfmDY0B.jpg Masjid An-Nur Riau (Foto:Simaskemenaggoid)

SIAPA bilang selama bulan Ramadan tidak bisa melakukan wisata, banyak alternatif pilihan wisata yang tetap bisa dilakukan di bulan penuh berkah bagi umat Muslim ini. Wisata yang bisa jadi pilihan misalnya wisata religi dengan menyambangi masjid bersejarah peninggalan nenek moyang.

Menyambangi Riau, Anda bisa mendatangi Masjid Agung An-Nur yang merupakan masjid besar dengan lokasi di Pekanbaru, Riau. Masjid ini memiliki banyak sejarah yang bisa menambah pengetahuan sekaligus menambah keimanan. Saat bulan Ramadan seperti ini adalah momen tepat untuk mendalami agama, salah satunya dengan menelusuri jejak Islam lewat masjid tua.


Masjid An-Nur dibangun pada periode 1963 hingga 1968, selain tua masjid ini juga termasuk salah satu masjid termegah di Indonesia. Gaya arsitektur masjid ini mengadopsi gaya melayu, Turki, Arab dan India. Semua bisa dinikmati lewat desain interior maupun eksterior bangunan masjid.

Bangunan masjid sudah mengalami renovasi besar pada tahun 2000  yang membuatnya terlihat semakin megah dan indah. Luas bangunan yang diperbesar membuat masjid memiliki daya tampung jemaah yang jauh lebih banyak dibanding sebelumnya. Jika awalnya area masjid hanya seluas 4 hektar maka sekarang masjid ini berdiri di atas lahan seluas 12,6 hektar.

A post shared by Trima Pútra (@trimaputra) on May 25, 2017 at 6:01am PDT


Bentuknya yang mirip bangunan fenomenal di India menjadikan masyarakat menganggap masjid ini adalah Taj Mahalnya versi Riau. Jika diperhatikan dengan seksama memang masjid ini mirip dengan bangunan Taj Mahal namun tentu dengan perbedaan.

Didominasi warna hijau, masjid ini terdiri dari tiga lantai yakni lantai khusus ibadah, lantai khusus gedung pertemuan serta satu lantai lainnya digunakan sebagai kantor sekretariat. Bentuknya yang apik menjadikan masjid ini layak jadi objek fotografi yang mengesankan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini