nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RAMADAN FIT: Trik Manfaatkan Momen Ramadan untuk Berhenti Merokok

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2017 08:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 02 481 1705650 ramadan-fit-trik-manfaatkan-momen-ramadan-untuk-berhenti-merokok-mvWa0p8nAc.jpg Ilustrasi (Foto: Health)

BULAN suci Ramadan memberi para perokok kesempatan sempurna untuk berhenti merokok. Ini mengubah halaman baru menuju gaya hidup sehat.

Bagaimanapun, Ramadan membuat perokok menahan kebiasaan merokok 12 jam setiap hari. Jika Anda telah terbiasa, kenapa tidak mencoba untuk berhenti?

Menurut kebanyakan dokter, gejala berhenti merokok yang buruk akan berakhir dalam 2 hari. Sekira 6 jam dari asap terakhir, detak jantung melambat, dan setelah 12 jam, tubuh akan bebas nikotin. Setelah sebulan penuh, tekanan darah seseorang akan membaik dan sistem kekebalan tubuh akan mulai pulih dari efek merokok.

Dr Puthavadathayil Mohamed Shamsudden dari Rumah Sakit medeor di Abu Dhabi merekomendasikan sejumlah langkah untuk membantu orang menghindari atau berhenti dari kebiasaan merokok selama Ramadan.

Langkah penting yang pertama, setelah berbuka puasa Anda harus menghindari lingkungan para perokok yang sedang merokok. Hal ini akan membantu menghindari godaan yang disebabkan oleh ''kebiasaan merokok sosial''.

Jika Anda berbuka puasa dengan perokok, pertimbangkan untuk segera meninggalkan meja dan berjalan-jalan. Alih-alih menyalakan sebatang rokok, Anda dapat berjalan menuju masjid untuk Salat.

Selain itu, bagi banyak perokok, makanan dan minuman tertentu biasanya terkait dengan kebiasaan mereka. Selama bulan puasa, perokok harus mempertimbangkan minuman alternatif dan makanan yang tidak memicu ingin merokok.

Pada saat berbuka puasa, pertimbangkan untuk mengisi perut dengan sup dan air putih, daripada terlalu banyak mengonsumsi makanan kaya karbohidrat. Kemudian, di malam hari cobalah makan sayuran, buah-buahan atau kacang-kacangan, yang memiliki kandungan protein dan serat tinggi. Olahraga juga bisa membantu mengurangi gejala ingin merokok ketika Ramadan.

Jadi, Ramadan tentu saja dapat memberikan kesempatan bagus untuk berhenti merokok selamanya. Dalam jangka panjang, ini bisa menjadi penyelamat hidup dengan menurunkan risiko kanker, penyakit kardiovaskular, emfisema, hipertensi, dan bahkan penyakit ginjal secara signifikan. Dikutip dari laman Khaleejtimes, Jumat (2/6/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini