nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Merokok saat Hamil Merusak Organ Liver Janin

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 03 Juni 2017 08:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 02 481 1706245 catat-merokok-saat-hamil-merusak-organ-liver-janin-MvuoeruntF.jpg Ilustrasi (Foto: Netdoctor)

SEBUAH studi memberi peringatan kepada ibu hamil yang merokok. Studi tersebut mengungkapkan merokok saat hamil dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati atau liver janin

Studi ini dilakukan oleh para periset dari University of Edinburgh yang menunjukkan, 7.000 bahan kimia dalam rokok sangat berbahaya bagi perkembangan sel-sel hati prenatal.

Temuan ini juga menunjukkan, bahan kimia rokok merusak liver janin pria dan wanita secara berbeda. Periset mengatakan, sementara jaringan pria menunjukkan jairngan parut hati, sedangkan pada wanita lebih banyak kerusakan pada sel metabolisme.

Untuk penelitian ini, tim mengembangkan cara baru untuk menganalisis efek merokok pada ibu hamil terhadap jaringan liber. Mereka menggunakan sel induk embrionik untuk menganalisis.

"Asap rokok selama diketahui memiliki efek merusak pada janin, namun kita kekurangan alat yang tepat untuk mempelajari hal ini dengan sangat rinci. Dengan pendekatan baru ini kita memiliki sumber jaringan terbaru yang memungkinkan untuk memahami efek seluler dari merokok pada janin yang belum lahir," kata David Hay dari University of Edinburgh yang dikutip Zeenews, Jumat (2/6/2017).

Ilmuwan menggunakan sel induk pluripoten - sel non-khusus yang memiliki kemampuan khas untuk dapat berubah menjadi tipe sel lainnya - untuk membangun jaringan liver janin. Sel hati terkena bahan kimia berbahaya yang ditemukan di rokok, termasuk zat spesifik yang diketahui beredar pada janin saat ibu merokok.

Hasilnya menunjukkan, bahan kimia yang serupa ditemukan dalam rokok, membahayakan kesehatan hati janis lebih dari komponen individual.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini