Ingin Dengkuran itu Hilang, Ikuti 4 Tips Simple Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 04 Juni 2017 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 03 481 1706614 ingin-dengkuran-itu-hilang-ikuti-4-tips-simple-ini-SCLCDhieXa.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

SESEORANG yang tidur mendengor dipastikan tidak sadar telah melakukannya. Sebab, mendengkur adalah proses alamiah yang terjadi pada sistem pernafasan. Ketika ada keganjalan dalam sistem pernafasan, mendengkur adalah reaksi yang keluar.

Tidak begitu merugikan bila Anda mendengkur. Tetapi kondisi tersebut cukup menggangu orang yang tidur berdekatan dengan Anda. Suara bising yang keluar ddari dengkuran itu, kadang membuat orang di sekitar menjadi sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Daripada menimbulkan kebencian, ada baiknya Anda yang mendapat teguran si tukang ngorok mengikuti tips berikut. Dilansir dari NDTV, terdapat lima cara super simple yang bisa Anda coba untuk menghilangkan dengkuran tersebut.

1. Ubah Posisi Tidur

Dengkuran terdengar biasanya saat Anda tidur dalam posisi telentang. Sebab, pada posisi itu, dasar lidah mundur ke dalam tenggorokan dan menyentuh langit-langit mulut. Ketika orang di samping Anda sudah membangunkan Anda karena bisingnya dengkuran, saat itu juga Anda harus mengubah posisi tidur.

2. Jangan Biarkan Udara Kamar Kering

Udara kering bisa mengiritasi membran di hidung dan tenggorokan. Keadaan tersebut bisa saja membuat jaringan hidung bengkak. Adanya penyaring ruangan bisa membantu meminimalisir kondisi tersebut.

3. Hindari Alkohol

Alkohol dan obat penenang mampu mengurangi ketegangan otot di belakang tenggorokan. Hal tersebut malah membuat Anda mudah mendengkur. Minum alkohol empat sampai lima gelas sebelum tidur akan menambah parah bunyi dengkuran. Jadi, stop drunk before sleep!

4. Berhentilah Merokok

Merokok menimbulkan kemungkinan terjadinya dengkuran. Merokok mengiritasi selaput di hidung dan tenggorokan yang bisa menghalangi jalan napas dan menyebabkan mendengkur.

5. Ubah Bantal Anda

Alergen di kamar tidur atau di bantal Anda mungkin menyebabkan mendengkur. Tungau debu menumpuk di bantal dan bisa menyebabkan reaksi alergi yang bisa menyebabkan mendengkur. Jangan ragu untuk rutin menjemur bantal di bawah matahari langsung atau mengganti bantal menjadi yang lebih baru.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini