nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Mencuci Kaftan Sutra dengan Tangan

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 05 Juni 2017 20:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 05 194 1708108 hal-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-mencuci-kaftan-sutra-dengan-tangan-4uRRWcXZaX.jpg Kain kaftan (Foto: Okezone)

BUSANA Kaftan tidak disangkal, memang masih sangat digemari dan menjadi busana andalan banyak wanita untuk bergaya di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Baju Kaftan sendiri, memang merupakan outfit yang simple namun memberikan kesan elegan yang mewah. Terutama jika terbuat dari material bahan yang mewah seperti kain sutra.

Kaftan dari kain sutra selama ini hanya dianggap harus dicuci dengan teknik dry clean, tetapi ternyata dengan mengikuti metode yang tepat. Baju Kaftan dari sutra pun sah-sah saja dicuci sendiri menggunakan tangan.

Seperti dikutip Katherinekellylangkaftans, Senin (5/6/2017) disebutkan bahwasanya untuk mencuci Kaftan sutra jangan pernah menggunakan sabun deterjen biasa. Sebaiknya gunakanlah sabun pencuci berjenis mild soap cair.

Cara mencuci dengan tangan baju Kafta sutra ini cukup mudah, hanya dengan merendam baju Kaftan selama kurang lebih 5 menit di dalam air rendaman sabun mild soap. Lalu kucek atau gosok-gosok dengan perlahan dan lembut di area baju yang terdapat noda kotoran. Setelahnya, tinggal di bilas sampai bersih tidak ada sisa residu sabun tersisa.

Untuk metode pembilasan, disebutkan pula untuk membilas baju Kaftan sutra ini bisa dilakukan dua kali. Untuk bilasan yang pertama bisa dengan menggunakan air bilasan yaitu campuran air biasa dengan ¼ cup atau 60 ml cairan cuka sebagai air rendaman untuk 4-5 menit, cara ini bertujuan agar bahan sutra menjadi lebih awet dan sisa-sisa sabun dari dalam serat-serat kain dapat terangkat dengan sempurna.

Setelahnya, untuk bilasan yang kedua cukup dibilas dengan air dingin biasa tanpa cairan cuka selama kurang lebih 5 menit. Lalu keringkan dengan cara menjemurnya di atas bentangan mendatar handuk kering yang bersih, dan jemur dengan tidak terkena sinar matahari langsung.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini