nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Ini, Gaya Rambut yang Dilarang Islam untuk Pria

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 07:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 05 194 1708376 perhatikan-ini-gaya-rambut-yang-dilarang-islam-untuk-pria-0oAsNS8DjQ.jpg Mohawk (Foto: Youtube)

SEGALA yang ada di dunia ini telah diatur oleh Islam. Termasuk pada urusan penampilan. Dari ujung kaki hingga ujung rambut, telah diatur bagaimana penampilan yang tepat untuk umat Islam bukan hanya karena perkara estetika, namun juga karena kesehatan.

Nah, patut Anda ketahui ada beberapa larangan, terutama untuk gaya rambut dalam Islam bagi pria. Apa saja kira-kira? Yuk simak ulasannya berikut ini sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Qaza

Ini adalah bentuk rambut yang mengacu pada bentuk Mohawk. Dan Rasulullah tak menganjurkannya. Dari Ibnu ‘Umar radhiyallâhu ‘anhumâ bahwa beliau berkata, “Sesungguhnya Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam melarang dari Qaza’. Ditanyakan kepada Nafi’ yang meriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, “Apa Qaza’ itu?” Nafi’ menjawab, “Sebagian kepala anak kecil digundul, dan sebagian yang lainnya ditinggalkan.” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim)

Tak merawat rambut panjang

Dalam Islam sesungguhnya rambut panjang bagi pria tidak dilarang, namun hendaknya dirawat sebagaimana mestinya. Rasullulah sendiri ternyata memiliki rambut dengan panjang sebahu. Banyak yang mengatakan ini sunah ada pula yang berpendapat ini mubah (boleh dilakukan, boleh tidak).

Namun yang jelas, jika ingin memanjangkan rambut hendaknya dirawat dengan baik. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda, “Siapa yang memelihara rambutnya maka hendaklah memuliakannya”. Artinya merawat di sini adalah meminyakinya, menyisirnya, dan tidak mencukurnya secara total karena hal tersebut bertentangan dengan memuliakan rambut.

Menutupi uban dengan cat warna hitam

Diriwayatkan Abu Daud, dari Ibnu Abbas, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Akan ada di akhir zaman, kaum yang menyemir rambutnya seperti bulu merpati, maka dia tidak mencium bau surga.” Ini bukan tidak berdasar, Rasullulah pernah menyuruh sahabatnya untuk mewarnai rambut karena sudah terlihat sangat putih dengan menggunakan daun pacar atau daun katam, dan menghindari warna hitam.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini