Tips & Trik Sederhana Bedakan Es Batu dan Mayones Berkualitas

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 05 Juni 2017 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 05 298 1707815 tips-trik-sederhana-bedakan-es-batu-dan-mayones-berkualitas-Q49WhRxW3C.jpg Cara mengetahui es batu berkualitas (Foto:Thewitnesswithin)

SELAMA bulan Ramadan pasti penggunaan es batu akan lebih banyak dibandingkan hari biasa. Permintaan yang sangat banyak kadang membuat oknum pedagang melalukan kecurangan, sebagai konsumen cerdas sudah saatnya pintar membedakan makanan berkualitas atau tidak.

Dari instagram @laperbaper terlihat satu video yang memperlihatkan cara membedakan beberapa makanan berkualitas dan tidak. Di dalam video singkat ini memperlihatkan trik mengenali es batu sehat, mayones alami, telur berkualitas dan juga cara cerdas menyimpan alpukat.

Pertama es batu, jika es batu dibuat dengan menggunakan air matang maka hasilnya akan bening bak kristal. Sementara es batu dari air mentah akan memiliki warna putih yang buram dan penuh buih kecil.

Selanjutnya membedakan mayones alami dan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Caranya adalah menuangkan mayones pada piring lalu teteskan iodine dan aduk secara rata. Mayones yang berwarna keungunan menandakan tidak sehat sementara mayones yang alami akan berubah warna menjadi kekuningan saat ditetesi iodine.

 

A post shared by Laper Baper (@laperbaper) on


Hal lain yang juga tak kalah penting adalah membedakan telur berkualitas dan tidak berkualitas. Telur yang baik dikonsumsi akan tenggelam saat dimasukkan ke dalam air, sementara telur yang berkualitas buruk akan mengapung dan tak bisa tenggelam dalam air.

Jika Anda penyuka alpukat maka bisa ikuti trik berikut saat menyimpan potongan alpukat. Simpan alpukat dalam wadah kedap udara lalu beri potongan bawang bombai di sisinya. Cara ini ampuh mempertahankan kualitas alpukat terutama dari segi warna.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini