Share

BUKA DIMANA: Karupuak Kuah, Jajanan Paling Diburu Anak-Anak Selama Ramadan di Mandailing Natal

Liansah Rangkuti, Jurnalis · Senin 05 Juni 2017 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 05 298 1708091 buka-dimana-karupuak-kuah-jajanan-paling-diburu-anak-anak-selama-ramadan-di-mandailing-natal-cEQ7wkv4ee.jpg Kerupuk kuah di Mandailing Natal (Foto:Liansyah)

BANYAK jajanan atau kuliner khas yang hadir selama bulan Ramadan di Kota Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut). Salah satunya adalah kerupuk kuah.

Karupuak atau kerupuk kuah biasanya menjadi jajanan wajib anak-anak di saat malam Ramadan. Jajanan ringan ini kerap dinikmati sambil bermain bersama teman-teman sebaya jelang masuknya shalat tarwih.

Adella atau akrab dipanggil Adel, penjual karupuak kuah di Jl.Mesjid Taqwa Simpang perempatan Kelurahan Kota Siantar Panyabungan, Kecamatan Panyabungan, mengatakan, kerupuk ini menjadi primadona bagi anak-anak selama bulan Ramadan yang sudah 9 hari lamanya kita laluli.

Dia menambahkan omset penjualan karupuak kuah selama bulan Ramadan juga meningkat drastis dibanding hari biasa. Dalam beberapa jam saja dia berhasil meriah keuntungan hingga ratusan ribu rupiah.

β€œYang beli biasanya anak-anak yang mau bepergian Shalat tarwih. Semalam saja bisa jual beli sampai Rp250 ribu,” kata Adel kepada Okezone.

Karupuak kuah hadir sebagai menu yang paling diminati dan diburu oleh masyarakat khususnya para anak-anak. Jajanan ini bahkan sudah menjadi tradisi di malam Ramadan, bahkan hampir semua warga di Panyabungan pernah mencicipi jajanan ringan ini, tidak hanya anak-anak berusia 8 hingga 10 tahun, bahkan yang dewasa pun banyak meminati jajanan ini.

Komposisi kerupuk kuah

Karupuak kuah terbuat dari tepung beras dengan campuran bawang putih, bawang merah, kunyit dan cabe. Di atasnya dituang kuah sate (kuah tepung beras),ditambah sedikit kuah cabe dan ditambah taburan mie kuning asli buatan Medan di atas kerupuk untuk menambah rasa. Dan dihargai sebesar Rp1.000 per kerupuk

Jajanan karupuk kuah ini sebenar nya berasal dari Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Namun tak heran, di Mandailing Natal (Madina) banyak yang jualan kerupuk kuah, sebab Kabupaten Madina bertetangga dengan Kabupaten Pasaman Timur, Sumbar. Jadi penduduk Madina banyak juga yang berasal dari Sumbar.

Bahkan ilmu pembuatan kerupuk kuah itu sudah menular ke warga Mandailing alias sudah banyak yang tahu cara pembuatannya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini