nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amankah Gunakan Sunscreen untuk Kulit Anak?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 05:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 05 481 1708195 amankah-gunakan-sunscreen-untuk-kulit-anak-mfFdxc5CVi.jpg Ilustrasi (Foto: Momjunction)

SINAR matahari cukup baik untuk tubuh manusia. Tapi, pada waktu tertentu saja, seperti pada pukul 6.00 sampai 9.00 pagi saja. Di atas itu, sengatan matahari langsung ke kulit malah berbahaya.

Untuk menjaga agar kulit tetap baik walau terpapar sinar matahari secara lansung adalah dengan menggunakan sunscreen. Dengan mengoleskan lotion anti sinar matahari itu, kulit bisa terjaga dari radikal bebas dan mengurangi risiko kanker kulit akibat sinar matahari.

Tapi, apakah sunscreen baik untuk anak-anak? Jawabannya tidak! Dilansir dari WebMD Health News, di Kanada, terdapat bayi berusia 14 bulan yang kulitnya melepuh akibat pemberian sunscreen di wajahnya.

Kasus tersebut sampai sekarang masih berlangsung. Kyla Fudge adalah korbannya. Wajahnya melepuh setelah sang ibu mengoleskan Banana Boat Kids Free spray sunscreen. Padahal di lebel belakang kemasan, terdapat keterangan aman dipakai bayi. Namun, nyatanya reaksi mengerikan terjadi di wajah bayi yang sampai sekarang masih dalam tahap penyembuhan.

Salah satu penyebab sunscreen tidak bisa diterima kulit bayi adalah adanya kandungan bahan kimia avobenzone, octinoxate, dan oktokril. Kulit bayi nyatanya sangat sensitif terhadap bahan kimia tersebut. Pada kasus ringan, ruam menjadi efek paling dasar. Sedangkan, pada kasus berat, kulit bayi bisa sampai melepuh. Itu tergantung pada sensitivitas kulit setiap bayi.

Mulai sekarang harus lebih hati-hati terhadap produk, khususnya untuk bayi. Ketika reaksi pada tubuh bayi sudah muncul, jangan segan untuk segera konsultasikan pada dokter ahli agar penanganan bisa lebih cepat dan risiko pun menjadi sangat minim.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini