nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Smartphone Thumb Jadi Ancaman Nyata bagi Pengguna Gadget

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 03:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 05 481 1708200 smartphone-thumb-jadi-ancaman-nyata-bagi-pengguna-gadget-Y2S1ufENBz.jpeg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

SEKARANG ini, setiap orang sepertinya menghabiskan cukup banyak waktu dengan ponsel pintarnya. Sekadar scroll Instagram bisa mengisi waktu luang. Bosan pun hilang.

Kebiasaan tersebut dilakukan tak kenal usia. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Handphone seperti tak bisa lepas dari genggaman.

Selain mengubah kebiasaan, penggunaan handphone pun ternyata berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya bagian tulang jari. Risiko Smartphone Thumb pun semakin nyata.

Dilansir dari Huffingtonpost, berdasar fakta, empat dari lima orang dewasa di Inggris dilaporkan berisiko mengalami tendinitis atau ketegangab tendon. Menurut Klinik Mayo, tendinitis dapat disebabkan gerakan berulang saat mengetik pada keyboard berukuran smartphone.

Hal tersebut menyebabkan peradangan, iritasi, dan nyeri di sekitar ibu jari. Pada akhirnya bisa menyebabkan radang sendi.

Masalah tendon itu sendiri sebenarnya banyak disebabkan luka yang tiba-tiba, terkena senjata tajam, atau dampak kecil yang terjadi berulang. Tak hanya itu, masalah tendon juga bisa disebabkan karena rutin menggunakan keyboard dan mouse komputer.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini