Tanda Kulit Alami Penuaan Dini Menurut Dermatologist

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 06 194 1708752 tanda-kulit-alami-penuaan-dini-menurut-dermatologist-ceWemRpInT.jpg Tanda penuaan pria (Foto: Wordpress)

BAGI beberapa orang, gejala kulit yang mulai mengalami penuaan bisa terlihat sejak usia 20-an atau 30-an. Padahal usia tersebut belum waktunya untuk mulai menua.

Hal ini semakin tidak disadari lantaran tandanya tak selalu berupa keriput di wajah. Lantas, seperti apa tanda-tanda kulit yang mulai mengalami penuaan lebih cepat? Berikut ulasannya seperti dilansir Bustle, Selasa (6/6/2017).

Kulit kusam

Usia kulit yang semakin bertambah serta tidak rutin melakukan eksfoliasi membuat sel-sel kulit mati pada wajah menumpuk. Inilah yang menyebabkan kulit tampak kusam dan hilang tingkat kecerahannya.

Bintik hitam

Tanda utama Anda mengalami penuaan kulit adalah timbulnya bintik hitam. Menurut dermatologist Seth Forman, MD, bintik hitam muncul akibat terlalu banyak terekspos matahari. Selain paparan sinar matahari yang terlalu sering, ini juga bisa disebabkan oleh genetik, stres, dan kekurangan asupan vitamin.

Kulit wajah kendur

Saat usia 20-an atau 30-an sudah mengalami kekenduran pada kulit wajah, ini merupakan salah satu tanda penuaan. Area kulit yang mulai kendur termasuk pelebaran kantung mata serta kekenduran kulit di area rahang.

Penipisan bibir

Bibir yang tipis juga menjadi tanda penuaan dini. Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen pada kulit kian berkurang. Anda dianjurkan untuk mengaplikasikan tabir surya atau lip balm untuk membuat bibir tampak lembap dan terlihat penuh.

Garis vertikal yang dalam di area mulut

Tanda ini akan muncul saat lipstik yang Anda gunakan keluar dari garis bibir. Hal ini bisa terjadi lantaran paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, hingga genetik.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini