Jangan Takut! Warna Merah pada Daging Bukan Darah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 06 298 1708704 jangan-takut-warna-merah-pada-daging-bukan-darah-PmTnE4LGeA.jpg Warna merah pada daging (Foto:Businessinsider)

PERNAHKAH Anda menemukan warna merah pekat pada daging steak yang sedang Anda santap? Sebagian orang mungkin berpikir bahwa itu adalah darah yang merembes ke sela-sela daging.

Nah, ternyata, itu bukanlah darah yang selama ini Anda bayangkan. Dalam sebuah video yang dikeluarkan oleh Tech Insider, cairan berwarna merah itu ternyata berasal dari kombinasi air yang telah tercampur mioglobin ketika sedang dalam proses pencairan.

Seperti diketahui, daging sapi umumnya didistribusi kepada para menjual dalam keadaan beku. Hal ini dilakukan agar kualitas dan teksturnya terjaga hingga sampai ke tempat tujuan.

Sementara itu, myoglobin merupakan protein kimia yang sering ditemukan pada otot daging sapi, dan pada dasarnya myoglobin lah yang membuat daging berwarna merah. Karena kristal es pada sel otot pecah, proses inilah yang menyebarkan mioglobin selama proses pencairan berlangsung.

Faktor lain yang dapat membuat daging menjadi kemerahan adalah proses penyuntikan air asin yang dikenal dengan sebutan plumping. Cara ini digunakan agar daging lebih empuk dan juicy ketika diolah. Demikian dilansir dari Food Beast, Selasa (6/6/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini