Gawat! Olahan Tuna Ini Terkontaminasi Virus Berbahaya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 06 298 1709080 gawat-olahan-tuna-ini-terkontaminasi-virus-berbahaya-YmUc6yjsGw.png Tuna terkontaminasi virus berbahaya (Foto:Delmonte)

BAGI para penggemar tuna berhati-hatilah! Baru-baru ini, Food and Drug Administration asal Amerika mengeluarkan sebuah pernyataan mengejutkan.

Mereka mengungkapkan bahwa sebagian besar produk tuna yang beredar di hampir seluruh restoran dan supermarket di Amerika Serikat, disinyalir mengandung virus yang dapat menyebabkan hepatitis A.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah Hilo Fish Company memutuskan untuk menarik kembali seluruh produk tuna yang diproduksi oleh Sustainable Seafood Company dan Santa Cruz Seafood Inc, pada pertengahan Mei lalu. Meski belum ada korban, pihak FDA merekomendasikan agar setiap orang yang mengonsumsi tuna dua minggu lalu untuk segera mendapatkan vaksin atau medical check-up.

Penyebaran virus tersebut pertama kali dilaporkan oleh Departemen Kesehatan Hawaii pada 1 Mei lalu. Saat itu mereka sedang melakukan pengujian secara acak terhadap produk yang hendak masuk ke pasar. Namun tak disangka, mereka menemukan bahwa beberapa produk telah terkontaminasi virus hepatitis A.

Dilansir dari The Daily Meal, Rabu (7/6/2017), hingga saat ini, Pihak FDA berhasil mengumpulkan beberapa sampel, dan menetapkan beberapa produk yang disinyalir terkontaminasi virus hepatitis A dan tidak layak untuk dikonsumsi.

1. Frozen yellowfin tuna steak dari Sustainable Seafood Company.

2. Tepung yellowfin tuna dari Santa Cruz Seaafood.

3. 8 ons tuna steak dari Hilo Fish Company dengan tanggal kadaluwarsa 1 Oktober 2018.

4. 15 kilogram frozen yellowfin tuna cubes dengan tanggal kadaluwarsa 4 April 2019.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini