nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Efek Samping Semangka bagi Kesehatan Tubuh jika Dikonsumsi Berlebihan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 10:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 06 481 1708595 efek-samping-semangka-bagi-kesehatan-tubuh-jika-dikonsumsi-berlebihan-Z0jaluFlxs.jpg Semangka (Foto: Livestrong)

Bulan Puasa, salah satu buah yang banyak dicari adalah semangka. Selain menyegarkan, semangka juga kaya akan air sehingga bisa mencegah dehidrasi. Tapi tahukah Anda, ternyata semangka juga memiliki banyak efek samping bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang ditulis oleh Stylecraze, Selasa (6/6/2016) berikut beberapa efek samping semangka yang tidak banyak diketahui banyak orang jika dikonsumsi terlalu banyak.

1. Gangguan usus

Semangka kaya akan lycopene. Sehingga jika mengonsumsi semangka dalam jumlah banyak dapat menyebabkan mual, kembung, diare, muntah, gangguan pencernaan dan gas. Tentunya hal itu tidak baik bagi kesehatan usus.

2. Berbahaya bagi penderita diabetes

Semangka dipenuhi dengan kandungan gula yang tinggi. Sudah menjadi hal yang wajib bagi penderita diabetes hindari memakan semangka. Karena semangka jika sedikit saja dikonsumsi bisa menyebabkan lonjakan kadar gula dalam tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah

Jika Anda memiliki darah rendah, sebaiknya kurangi atau bahkan jangan konsumsi semangka. Karena ternyata semangka juga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah di dalam tubuh.

4. Alergi

Semangka juga ternyata bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang. Orang-orang yang alergi semangka biasanya akan muncul ruam, anafilaksis, dan pembengkakan pada wajah. Orang yang alergi terhadap wortel, lateks dan timun, dapat dengan mudah mengembangkan reaksi alergi terhadap semangka.

5. Tidak baik untuk ibu hamil

Bagi para ibu hamil, sebisa mungkin batasi konsumsi semangka atau berhenti selama beberapa bulan. Hal itu dikarenakan semangka dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga beresiko menyebabkan diabetes gestasional yang tentunya berbahaya bagi ibu hamil.

6. Kelelahan

Konsumsi semangka yang berlebihan bisa meningkatkan kuantitas air dalam tubuh. Jika kelebihan air tidak dikeluarkan dari tubuh, maka bisa mengakibatkan kenaikan volume darah yang menyebabkan kelelahan.

Itulah beberapa efek samping yang bisa terjadi jika mengonsumsi semangka secara berlebihan. Mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan memang tidak baik. Walaupun menyegarkan, namun ternyata semangka memiliki efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, konsumsilah semangka dan buah-buah lain secara wajar yang sesuai dengan porsi tubuh.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini