nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Mudah Mengatasi Gigi Ngilu saat Makan

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 06 481 1708922 4-cara-mudah-mengatasi-gigi-ngilu-saat-makan-l7yaeatUPj.jpg Ilustrasi (Foto: Dentagama)

MENYANTAP makanan ketika gigi terasa ngilu tentunya sangat tidak menyenangkan. Nyerinya yang kadang sulit untuk ditahankan bisa menurunkan nafsu makan. Apalagi jika ngilu yang muncul disebabkan oleh gigi bungsu, rasa nyerinya bisa membuat sakit kepala. Lalu apa yang harus dilakukan jika sudah begitu?

Seperti yang dilansir dari laman Colgate, Selasa (6/6/2017), cara mengatasi gigi ngilu sebenarnya cukup mudah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengucapkan selamat tinggal pada gigi ngilu.

Berkumur Air Garam

Untuk meredakan rasa ngilu, tidak cukup hanya berkumur dengan air biasa. Campurlah garam sebanyak satu sendok teh ke dalam air hangat. Aduk rata, lalu berkumurlah selama 30 - 60 detik. Cara ini bisa diulangi beberapa kali sepanjang hari untuk meredakan rasa ngilu.

Gunakan Cengkeh

Bumbu rempah ini tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu untuk masak. Cengkeh merupakan obat tradisional untuk mengatasi gigi ngilu. Ambil satu buah cengkeh lalu letakkan di bagian yang terasa nyeri. Diamkan selama beberapa saat. Selain itu, minyak cengkeh juga bisa meredakan gigi ngilu. Caranya cukup oles minyak menggunakan sikat ke bagian gigi yang terasa sakit.

Gunakan Benzokain

Benzokain adalah sejenis obat bius yang bisa membantu meredakan rasa nyeri. Anda bisa mendapatkan produk itu di apotek terdekat. Jika sudah memilikinya, Anda cukup mengoleskannya ke bagian gigi yang terasa sakit sesuai petunjuk penggunaan.

Pakai Ibuprofen

Obat lain yang bisa dijadikan pilihan untuk meredakan gigi ngilu adalah ibuprofen. Sama seperti benzokain, menggunakan obat ini juga harus sesuai dengan petunjuk penggunaan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi ngilu.Mudah 'kan? Tapi ingat! Cara-cara di atas adalah langkah sementara untuk mengatasi gigi ngilu. Bila sakit berlanjut Anda tetap harus cepat mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan yang semestinya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini