Cara Mudah Mendeteksi Tanda-Tanda Kebotakan

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 07 194 1709866 cara-mudah-mendeteksi-tanda-tanda-kebotakan-SCg9Umb0ce.jpg Kebotakan (foto: Michaelanthonysal)

SEPERTI halnya kesehatan dan kecantikan kulit wajah yang sangat diperhatikan, kesehatan rambut pun tidak kalah penting untuk diperhatikan. Namun sayangnya, banyak orang terutama yang masih berusia relatif muda mengabaikan kesehatan rambut.

Alhasil, banyak orang yang notabene masih berumur kepala tiga atau kepala empat tidak menyadari bahwa dirinya sudah mengalami kerontokan rambut hebat sehingga menjurus ke gejala kebotakan.

Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati, maka dari itu penting rasanya untuk mengetahui sejak dini. Apakah diri kita termasuk yang sudah mengalami gejala kebotakan tersebut atau belum? Lalu, seperti apakah cara untuk mendeteksi hal tersebut? Menjawab perihal ini, Okezone pun bertanya langsung kepada dr. Olivia Ong. dipl.AAAM dari Jakarta Aesthetic Clinic.

"Cara mudah deteksinya, kita tempelkan empat jari-jemari kita di dahi. Nah kita lihat tuh, kalau ternyata ada jarak atau gap antara jari dengan dahi (tidak menyentuh rambut) nah itu tandanya kita sudah mulai mengalami gejala kebotakan. Tetapi kalau dilihat tidak ada jarak, masih full rapat dari jari ke rambut itu artinya rambut kita masih bagus," ungkap dr. Olivia Ong dipl.AAAM saat ditemui Okezone dalam acara 'Beauty & Friendship with Jakarta Aesthetic Clinic di kawasan Jakarta Selatan baru-baru ini.

Dokter yang baru saja mendapatkan penghargaan sebagai penerima Indonesia's Beautiful Women by HighEnd Magazine ini menambahkan, bahwa permasalahan rambut rontok tidak bisa dianggap sepele.

"Rambut rontok itu jadi momok loh, bukan hanya wajah dan tubuh yang bisa menua tetapi rambut pun juga bisa. Nah salah satu tandanya ya kerontokan itu, sayangnya kebanyakan orang mulai melakukan perawatan setelah bermasalah. Padahal kalau sudah sampai botak itu sudah susah, jadi melakukan pencegahan dini itu perlu sekali," imbuhnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini