nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Hubungan Pariwisata Indonesia dengan Malaysia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 18:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 07 406 1710274 fakta-hubungan-pariwisata-indonesia-dengan-malaysia-TDubOhn69h.jpg Ilustrasi Wisata Malaysia (foto: traveldilse)

HUBUNGAN antar negara Malaysia dan Indonesia dalam bidang pariwisata jadi kegiatan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Kedua negara ini selalu saling membutuhkan satu sama lain, termasuk dalam hal wisata.

"Salah satu kerja saya sebagai duta besar ialah menggalakkan atau memantapkan industri pariwisata. Saya tahu bahwa industri pariwisata ini tidak boleh hanya pada satu sisi saja, oleh sebab itu dalam pertemuan saya dengan agen-agen pariwisata di Indonesia dan Malaysia," ucap Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim, ketika diwawancarai Okezone, Rabu (7/6/2017).

"Saya katakan bahwa industri pariwisata Indonesia dan Malaysia ini tidak harus menjadi satu industri pariwisata internasional. Kita boleh anggap dia sebagai domestic tourism. Sebab, banyak yang sama, kalau kita perhatikan," lanjutnya.

Indonesia dan Malaysia memang berada dalam satu rumpun yang sama, yaitu Melayu. Sehingga membuat kebudayaan, objek wisata dan suasana yang ditemukan pada beberapa destinasi wisata yang ada di kedua negara tersebut memiliki kesamaan.

Budaya Melayu membuat hubungan antara Malaysia dan Indonesia sangat erat, termasuk dalam bidang pariwisata. Menurut penuturan Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim.

"Pendapatan ketiga terbesar di Malaysia berasal dari industri pariwisata. Malaysia dikunjungi oleh para wisatawan mencapai 25juta orang tiap tahunnya. Hari ini kunjungan warga Indonesia sebagai turis yang berkunjung ke Malaysia sebanyak 3 juta orang. Sedangkan, warga Malaysia yang datang ke Indonesia hampir 2 juta orang," ucapnya.

Hal ini memberikan bukti hubungan antara Indonesia dan Malaysia dalam bidang pariwisata sangat erat hubungannya. Indonesia menjadi salah satu negara yang penting bagi Malaysia, begitu juga dengan Malaysia dengan Indonesia.

Warga Indonesia sendiri banyak yang mengunjungi theme park jika berkunjung ke Malaysia. Tapi, selain itu banyak pula kunjungan warga Indonesia yang berobat ke Malaysia. Bahkan, sebanyak 60 persen pasien di Penang Hospital itu warga Indonesia, tambah Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini