nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mimisan Berulang Kali, Gejala Penyakit Apa Ya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 06:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 07 481 1710135 mimisan-berulang-kali-gejala-penyakit-apa-ya-FXQPwSkfi1.jpg Ilustrasi (Foto: Gazemonitor)

SIAPAPUN bisa mimisan. Keadaan abnormal tersebut tidak bisa dipastikan juga kapan terjadinya. Tapi, jika mimisan itu sudah terjadi berulang kali, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Gejala mimisan bisa mengindikasikan kelainan pembuluh darah langka yang dikenal dengan telangiectasia hemoragik herediter, atau HHT. Penyakit herediter ini menjadi predisposisi pasien terhadap gejala pendarahan. Dilansir dari Cleveland Clinic, Dokter Spesialis Pengobatan Paru dr Joseph Parambil menjelaskan, pasien HHT memiliki pembuluh darah yang abnormal.

dr. Parambil menjelaskan HHT adalah penyakit yang sulit dideteksi pada tahap awal. Melacak riwayat penyakit keluarga merupakan bagian yang cukup penting dari diagnosis dan pengobatan.

Penyakit ini tidak memandang usia. Penderitanya mulai dari bayi sampai dewasa. HHT ini bisa diturunkan karena genetik keturunan. Namun, muncul gejala awalnya setiap individu berbeda-beda. Faktor lain di luar mutasi genetik pun bisa saja terjadi.

Nah, gejala penyakit HHT itu salah satunya adalah mimisan. Hidung mengeluarkan darah berulang kali tanpa ada tanda-tanda terlebih dulu di tubuh Anda.

"Jika pasien memiliki hidung berdarah di malam hari dan bangun dengan bantal mereka basah kuyup dengan darah, itu salah satu petunjuknya," kata Parambil. Dia melanjutkan, HHT juga bisa ditandai dengan adanya bintil darah merah ceri di wajah, bibir, atau tangan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini