Share

Di Indonesia Buka Puasa dengan Kolak, kalau di Malaysia Namanya Serawa

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 08 298 1711093 di-indonesia-buka-puasa-dengan-kolak-kalau-di-malaysia-namanya-serawa-MZJtBwcqxB.jpg Serawa, kolaknya orang Malaysia (Foto:Instagram)

KOLAK jadi takjil populer di Indonesia, tapi di negeri Jiran hidangan semacam ini dikenal dengan sebutan serawa atau pengat. Masyarakat Malaysia juga menjadikan hidangan ini sebagai menu berbuka puasa.

Ditemui saat berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone di Gedung INews Center, Jakarta, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato’ Seri Mohamed Hashim menjelaskan di negaranya ada hidangan yang mirip kolak.

 

A post shared by Ct Royz (@sitirohaya074) on


“Kalau di sini (Indonesia-red) disebutnya kolak, maka di Malaysia dipanggil pengak atau serawa,” kata Dato’ Seri kepada Okezone.

Lebih lanjut, Dato’ Seri menjabarkan sajian ini terbuat dari berbagai bahan seperti pisang, ubi dan lain sebagainya. “Seperti kolak sama kuahnya santan dan gula hitam. Disebutnya juga serawa pisang kalau terbuat dari pisang, serawa ubi kalau terbuat dari ubi. Sama lah dengan di Indonesia,” beber Dato’ Seri.

 

A post shared by Datin Ina Jaafar (@ina_6758) on


Rasa manis dan enak membuat serawa cocok jadi menu berbuka puasa. Kuah kental dari santan dan gula sukses berkolaborasi dengan potongan ubi dan pisang yang empuk karena proses pemasakan.

Serawa ini mudah ditemukan di Malaysia karena masyarakat sering membuatnya sendiri di rumah. Biasanya serawa ini disantap sebagai alternatif pilihan buka puasa, karena sejatinya masyarakat Malaysia menjadikan menu kurma sebagai menu utama buka puasa.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini