nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngemil Makanan Ini Tak Akan Bikin Badan Jadi Gemuk

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 09:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 08 481 1710622 ngemil-makanan-ini-tak-akan-bikin-badan-jadi-gemuk-aASX6OwxTZ.jpg Ilustrasi (Foto: Khaleejtimes)

MUNGKIN Anda pernah mendengar anjuran untuk tidak mengemil selama menunggu waktu makan tiba. Namun hal itu sudah tidak berlaku karena ternyata mengunyah sebelum tiba waktunya makan bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Ngemil sebenarnya bagus untuk menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi sepanjang waktu. Hal itu dikarenakan kadar gula tidak turun dengan drastis sehingga porsi makanan yang Anda konsumsi pada jam makan berikutnya akan berkurang. Nah, untuk mendukung hal itu, Anda harus memilih cemilan yang benar.

Berikut 5 tips dari Khaleej Times yang dilansir pada Kamis, (8/6/2017) untuk memilih cemilan yang baik bagi tubuh.

Pertama, kosongkan lemari dan laci meja Anda dari keripik, muffin, permen, dan makanan olahan lainnya. Gantilah semua makanan itu dengan kacang-kacangan, biji-bijian, kismis, dan kurma untuk memperbaiki kadar gula dalam tubuh.

Kedua, makan cemilan saat Anda merasa lapar tapi jangan menunggu sampai perut merasa keroncongan. Luangkan waktu segera untuk mengambil segenggam cemilan sehat dan makan sejenak.

Ketiga, jaga tubuh Anda untuk tetap terhidrasi. Kadang rasa haus bisa disalahartikan oleh tubuh sebagai tanda kelaparan. Bantulah sistem pada tubuh dengan menenggak segelas air setiap kali Anda mulai merasa lapar.

Keempat, jangan berlebihan mengonsumsi cemilan. Snack sehat sekali pun tetap memiliki kadar kalori. Terkadang karena merasa itu cemilan sehat, kita sering terlena untuk sering memasukkannya ke dalam mulut. Secara tidak sadar, tiba-tiba cemilan sudah habis dalam waktu sebentar. Cara menyiasatinya adalah Anda bisa menentukan porsi makanan ringan yang akan dikonsumsi.

Kelima, bawa cemilan sehat ke mana pun Anda pergi. Hal itu akan membuat Anda tidak tergoda dengan makanan olahan lainnya yang mungkin ditemui. Perlu diingat makanan-makanan olahan itu bisa jadi memiliki kandungan gula yang lumayan tinggi.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, sekarang Anda tidak perlu merasa takut mengalami penambahan berat badan karena mengemil. Anda akan mendapati tubuh menjadi lebih berenergi untuk menjalankan aktivitas. Jangan lupa membawa air minum agar tidak merasa serat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini