nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak Tips Diet Vegan Ini agar Berhasil

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 10:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 08 481 1710674 simak-tips-diet-vegan-ini-agar-berhasil-6upyor1r3I.jpg Ilustrasi (Foto: Mogujatosama)

MEMILIKI badan yang proporsional mungkin dambaan semua orang. Tapi, menjaga kesehatan tubuh sudah seharusnya juga dilakukan. Jadi, tak hanya ideal, tetapi juga sehat pastinya.

Nah, menjadi seseorang yang sehat diperlukan niat dan disiplin hidup sehat yang ketat. Jangan asal mengonsumsi makanan dan olahraga yang teratur mungkin banyak disarankan ahli gizi. Tapi, pernah kah Anda sadari, diet vegan juga menjadi salah satu acuan dalam menjaga pola makan.

Seperti dilansir dari Eating Well, diet vegan merupakan pengaturan pola makan yang mana menghindari makanan hewani dan beralih mengonsumsi produk nabati. Perlu diperhatikan, dengan diet vegan, tidak berarti Anda harus kehilangan banyak protein lainnya yang mungkin tidak bisa dipenuhi sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa trik ideal untuk bisa melakukan diet vegan.

1. Biasakan Tubuh Mengonsumsi Sayuran

Banyak yang masih beranggapan, makan besar akan membuat Anda kenyang dan sehat. Padahal, jika Anda mengetahui lebih lanjut, mengonsumsi sayuran saja sudah bisa bikin Anda kenyang. Sebab, di dalam sayuran yang segar dan sehat, terkandung vitamin A dan K yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, mineral dan kalori yang di kandung sayuran pun sudah bisa mencukupi asupan tubuh.

2. Jangan Ragu Makan Berbagai Jenis Sayuran

Dengan mengonsumsi satu sayuran saja, rasanya sulit untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh per harinya. Walau Anda mengakalinya dengan porsi makan yang besar.

Untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan pada makanan vegan, penting untuk makan makanan seimbang yang mencakup berbagai kandungan gizi. Misalnya, Anda akan mendapatkan protein dan serat dari kacang; Sayuran hijau adalah sumber vitamin A, C dan K. Misalnya saja tomat merah yang memiliki lycopene sehat, blueberry biru memiliki anthocyanin yang meningkatkan kinerja otak dan kentang manis memiliki banyak vitamin A untuk membantu menjaga kesehatan mata.

3. Alihkan ke Biji-Bijian

Anda yang akan memulai diet vegan, sebaiknya mulai ubah semua kebiasaan yang dirasa tak sesuai dengan kaidah diet vegan. Seperti mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi beras merah. Beras jenis itu mampu menambah vitamin B dan zat besi dalam tubuh. Bila sudah terbiasa, Anda pun akan merasakan kenyang lebih cepat. Yang terpenting, bisa menurunkan berat badan.

4. Perbanyak Konsumsi Protein Nabati

Sumber protein untuk tubuh bisa didapatkan dari banyak hal. Mengonsumsi daging hewan misalnya. Tapi, perlu Anda sadari, di dalam daging hewani, terkandung lemak jenuh yang malah membahayakan tubuh dalam jangka panjang.

Bagi Anda yang mulai menerapkan diet vegan, jangan khawatir. Protein nabati pun banyak dijumpai di kacang-kacangan. Seperti tahu, tempe, biji matahari, buncis, kacang kedelai, kacang almond, atau kenari. Kandungan protein nabati pun sudah bisa mencukupi kebutuhan protein tubuh.

5. Ganti Sumber Omega 3 Ikan dengan Sumber Nabati

Sekali lagi, mungkin Anda berpikir, dengan mengonsumsi sumber makanan nabati, banyak kandungan gizi yang tidak bisa diperoleh. Misalnya saja Omega-3 yang banyak dikandung ikan. Tapi, jangan khawatir, Omega-3 yang baik untuk perkembangan mata dan otak serta kesehatan jantung itu bisa diperoleh dari kenari, minyak canola, dan kacang kedelai.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini