nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Membedong Bayi Pengaruhi Bentuk Tulang Belakangnya di Kemudian Hari

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 11:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 08 481 1710699 membedong-bayi-pengaruhi-bentuk-tulang-belakangnya-di-kemudian-hari-knTmX4Olq1.jpg Ilustrasi (Foto: Babycubby)

SERING mengalami nyeri pada tulang belakang? Yang efeknya berimbas kepala sakit kepala dan sulit beraktivitas? Jangan anggap sepele masalah tersebut.

Nyeri pada tulang belakang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah tidak proporsionalnya bentuk tulang belakang Anda. Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Anak RS Siloam Lippo Village dr Elvie C Sangian, Tangerang, nyeri pada tulang belakang bisa saja terjadi karena bentuk tulangnya tidak baik.

Itu mengapa, sambungnya, mengetahui bentuk tulang belakang anak menjadi sangat penting. Sebab, dampak dari ketidakproporsionalnya tulang, baru terasa 5 sampai 6 tahun setelah didiagnosa.’’Misalnya anak Anda diketahui tulangnya sedikit melengkung ke kanan, maka efeknya itu akan dia rasakan saat remaja bahkan dewasa,’’ katanya, saat ditemui Okezone di RS Siloam Lippo Village, beberapa hari yang lalu.

Nah, terkait dengan masalah yang bisa dirasakan anak, salah satunya adalah nyeri di bagian tulang belakang. Setelah itu, kondisi seperti sering merasa pusing atau mudah jatuh juga menjadi dampak lain dari postur tulang tak benar tersebut.

dr Elvie menyarankan untuk membedong anak saat masih bayi. Hal tersebut akan memberikan bentuk tulang yang tepat pada anak.

Sadar betul bagaimana tubuh anak Anda juga perlu dilakukan. Ketika Anda mengetahui misalnya anak jika duduk tidak bisa tegap atau selalu mengambil posisi menyamping jika duduk, itu bisa menjadi penanda tulang si anak tidak benar.

’’Segera periksakan ke dokter khusus tulang. Memang tidak terlalu berdampak ketika masih kecil, namun saat sudah besar, masalah kompleks bisa saja terjadi pada si anak,’’ tuturnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini