Image

Wanita Hamil Doyan Minuman Kemasan, Risiko Obesitas Anak Meningkat

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017, 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 08 481 1711130 wanita-hamil-doyan-minuman-kemasan-risiko-obesitas-anak-meningkat-FZ9rnrSWsp.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

WANITA hamil harus meninggalkan minuman dengan pemanis buatan. Berdasarkan studi, dapat memicu risiko obesitas saat bayi menjadi tumbuh besar.

Studi menyebutkan, anak-anak dari ibu hamil yang suka mengonsumsi minuman kemasan cenderung memiliki berat badan berlebihan di usia 7 tahun. Tentu risiko ini juga dapat merembet pada risiko penyakit tidak menular.

Adapun penyakitnya seperti diabetes, penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker. Terlebih, seorang ibu pun jadi ikut-ikutan gemuk.

"Temuan kami menunjukkan bahwa minuman pemanis buatan dapat memperbanyak cairan ketuban. Kalorinya juga tinggi, sehingga membuat ibu obesitas pula," kata Zhang Zhang, dari Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development (NICHD).

Untuk menghindarinya, jika Anda ingin minum manis lebih baik memilih jus buah. Bahan makanannya pada dasarnya sudah manis, sehingga aman dikonsumsi.

Sebaliknya, wanita yang mengganti minuman yang bukan mengandung pemanis buatan dapat mengurangi risiko obesitas pada anak-anak. Periset mengamati 17 persen bayi bisa terhindar dari obesitas saat ibunya bisa menolak minuman manis.

Untuk penelitian tersebut, tim menganalisis data dari lebih dari 900 ibu hamil dengan masalah diabetes gestasional. Penelitian sebelumnya juga dilakukan pada binatang, terkait penambahan berat badan, serta perubahan jenis bakteri dan mikroba lainnya di saluran pencernaan. Demikian dilansir Zeenews, Kamis (8/6/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini