nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Panik, Lakukan Ini jika Anda Pertama Kali Mimisan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 08:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 08 481 1711175 jangan-panik-lakukan-ini-jika-anda-pertama-kali-mimisan-BQIp01IYCq.jpg Ilustrasi (Foto: Youtube)

MIMISAN adalah situasi di mana darah mengalir dari hidung Anda. Salah satu penyebabnya adalah suhu tubuh yang terlalu panas atau karena terjadi pengenceran darah di dalam badan.

Waktu terjadinya mimisan tidak bisa diprediksi sama sekali. Bisa saja setelah bangun tidur, saat Anda beraktifitas, atau pada momen tertentu yang bisa dikatakan memacu pembuluh darah bekerja ekstra.

Bagi yang pertama kali mimisan, mungkin panik adalah respon tubuh yang paling memungkinkan. Sehingga, tak jarang akhirnya darah terus keluar dan menyebabkan Anda tak sadarkan diri karena kekurangan asupan darah. Nah, dilansir dari Healthline, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan bila mimisan terjadi.

Yang pertama adalah segeralah duduk dan menenangkan diri. Semakin Anda panik, darah pun akan terus keluar. Dengan duduk, selain menenangkan diri juga berfungsi untuk mengurangi tekanan darah merah Anda dan meminimalkan pendarahan.

Hal yang bisa Anda lakukan lainnya ialah menutup kedua lubang hidung dengan kapas atau tisu untuk menghentikan keluarnya darah. Jika tidak ada alat apapun yang bisa menyumpal, Anda bisa menutup hidup dengan menekan menggunakan tangan sendiri. Selain menghentikan keluarnya darah, itu juga berfungsi untuk memberikan tekanan pada hidung.

Terkait dengan durasi menutup hidung, Anda bisa menahannya sampai 10 menit lebih atau dirasa darah tidak begitu banyak lagi yang keluar. Jika pendarahan sudah berhenti, beristirahatlah di ruangan yang tenang, sejuk, atau gelap. Mengompres kepala Anda juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini