POP SUGAR: Nikmatnya Buka Puasa dengan Pisang Goreng Ditemani Secangkir Teh Poci di Surabaya

Nurul Arifin, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 09 298 1712336 pop-sugar-nikmatnya-buka-puasa-dengan-pisang-goreng-ditemani-secangkir-teh-poci-di-surabaya-yM18hn8QTx.jpg Pisang goreng klasik dan teh poci (Foto:Nurul/Okezone)

BANYAK tempat yang perlu dijelajah untuk berbuka puasa di Surabaya. Salah satunya adalah tempat makan yang menyuguhkan bakmi jogja. Meski tempatnya berjualan bakmi jogja, namun tempat makan yang berlokasi di Jalan Tegalsari, Surabaya ini menyediakan menu berbuka puasa yang cukup 'Maknyus'.

Perlu dicoba ada menu pisang goreng klasik ala Bakmi Jogja. Meski terbuat dari pisang ambon, makanan ini boleh dibilang makanan ringan. Di tempat ini, pisang goreng klasik menjadi menu favorit sebagai pembuka puasa.

Penganan ini tidak jauh beda dalam membuat pisang goreng pada umumnya. Yakni, pisang goreng yang sudah matang kemudian dicelupkan ke dalam tepung terigu yang sudah diberi bumbu. Bedanya, dengan pisang goreng lainnya adalah cara penyajiannya.

Pisang goreng klasik ini dalam penyajiannya diberi taburan gula yang halus dan serundeng (parutan kelapa bumbu). Nah, untuk menambah nikmatnya berbuka, disandingkan dengan teh poci. Sajian Teh Poci ini dimasukkan ke dalam teko dalam keadaan panas dan dituangkan ke dalam cangkir.

Tomi, salah satu pengunjung mengaku sangat menikmati menu berbuka puasa pisang goreng klasik dan teh poci. "Rasanya cukup enak dan sangat cocok untuk pilihan berbuka bersama kawan," kata pria asal Lamongan, Kamis (7/6/2017).

"Tempatnya lumayan luas tapi kerap kali penuh. Jadi kalau mau kesini harus pesan tempat dulu. Tadi saya sempat lihat ada beberapa orang yang harus kembali karena tidak kebagian tempat duduk," ujar pria bertubuh kurus ini.

Sementara pantauan Okezone di lokasi, tenpat ini memang cukup luas dan menempati bangunan kuno. Hal itu terlihat dari arsitektur bangunan yang menggunakan banyak pintu dan banyak jendela. Belum lagi lantai yang digunakan juga masih bernuansa klasik. Konsep tempat ini menggunakan open kicthen. Yakni, para pegawai Bakmi Jogja memasak makanan di depan. Sehingga para pengunjung dapat melihat langsung proses memasak hingga penyajian bakmi.

Pun demikian dengan pisang goreng klasik yang juga berada di samping pintu masuk. Cara menggorengnya pun masih klasik tidak menggunakan kompor elpiji melainkan menggunakan nyala arang. Alasannya untuk menjaga citra rasa klasik dalam setiap pisang goreng.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini