Share

Minum Es Teh Manis Sembarangan Undang Penyakit Kolera?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 09 481 1712158 minum-es-teh-manis-sembarangan-undang-penyakit-kolera-m7yDDngXvr.jpg Es teh manis (Foto: Eatthis)

MEMBATALKAN puasa dengan meminum es teh manis memang menyegarkan. Sstttt.., minuman ini ternyata dapat menyebabkan penyakit kolera, apalagi jika Anda membelinya di kaki lima. Duh, jangan lagi deh!

Studi ini membuat kita percaya atau tidak. Es teh manis bisa menyebabkan kolera bukan tanpa alasan. Studi dari peneliti asal Vietnam telah membuktikannya. Air yang merupakan bahan dasar membuat teh dapat mengandung banyak bakteri.

Sekalipun airnya sudah direbus matang. Tapi jika disimpan di wadah yang kurang higienis, sama saja dampaknya.

"Seiring dengan pendekatan tradisional yang berfokus pada peningkatan air bersih, sanitasi, dan keamanan pangan di Asia Tenggara masih rendah. Awas, kalau beli minuman di pinggir jalan," kata para periset, dilansir Boldsky, Jumat (9/6/2017).

Rata-rata, minuman yang dijual oleh pedagang kaki lima menggunakan air dan es batu yang tidak higienis. Karena itu, banyak sekali penyakit yang mengintai Anda.

Pada studi ini, dilaporkan 22% penduduk Vietnam yang suka jajan di pinggir jalan mengalami kolera. Belum lagi ancaman penyakit diare yang juga berbahaya.

Saat menganalisa segelas es teh manis, astaga hasilnya ada ribuan bakteri yang hinggap dalam minuman itu. Sejak saat itu, pemerintah setempat melarang pedagang kaki lima untuk menjual makanan dan minuman sembarangan.

Diingatkan pula bagi Anda, jangan lagi mengonsumsi makanan pinggir jalan, apalagi kalau lokasinya tidak bersih. Apalagi saat Anda mengunjungi dengan kondisi imunitas yang menurun. Duh, duh!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini