nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anda Masih Percaya Mitos Susu Ini? Coba Pikir Ulang!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 10 Juni 2017 04:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 09 481 1712188 anda-masih-percaya-mitos-susu-ini-coba-pikir-ulang-wuSQd5rTFa.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

TIDAK bisa dipungkiri masyarakat Indonesia masih diselimuti mitos. Mulai dari budaya di masyarakat sampai mitos akan sesuatu hal. Sebut saja susu. Di zaman seperti sekarang ini, masih saja ada orang yang memercayai susu sapi tidak baik untuk tubuh manusia.

Padahal, pada kenyataannya, susu sapi cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain itu, susu juga bisa membuat manusia menjadi spesies yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Tak hanya berhenti di situ saja mitos mengenai susu. Dilansir dari Scoop Whoop, ada beberapa mitos lain mengenai susu. Simak yuk!

1. Susu penyebab batu ginjal

Mitos ini jangan pernah Anda percayai lagi. Sebab, mitos ini benar-benar sesuatu yang salah. Telah ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa mengonsumsi susu tidak ada kaitannya dengan penyakit tersebut. Bahkan bila Anda rajin minum susu, itu bisa menangkal terbentuknya batu ginjal di badan.

2. Susu organik lebih baik dari susu biasa

Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang nyata antara keduanya. Kualitas serta keamanan dan nilai gizi antara susu organik dengan susu biasa sama saja. Satu-satunya perbedaan adalah cara pembuatannya. So, Anda jangan terlalu khawatir dengan perbedaan 2 jenis susu ini, ya.

3. Susu cair dalam kemasan adalah susu sintesis

Mitos ini tentunya salah. Susu cair dalam kemasan merupakan susu yang sama dengan susu sapi pada umumnya. Bahkan, bisa dikatakan susu ini sedikit lebih baik karena rasanya berbeda atau lebih baik daripada susu lainnya. Salah satu faktornya adalah pakan yang diberikan kualitas terbaik dan bebas dari penyakit dengan memonitornya secara ketat.

4. Susu kemasan kelebihan pengawet

Susu kemasan biasanya dikemas dalam karton Tetra Pak yang bersifat bebas pengawet. Susu kemasan itu disterilkan dengan teknik khusus yang disebut UHT (Ultra Heat Treatment). Itu dilakukan agar memastikan sama sekali tidak ada organisme yang tersisa di dalam susu.

5. Minum susu dapat sebabkan pubertas dini

Mitos aneh ini masih banyak didengar di masyarakat dan dapat dipastikan salah. Minum susu terlalu banyak tidak ada kaitannya dengan anak-anak yang mengalami masa pubertas lebih awal. Sebenarnya, anak yang sedang tumbuh, malah harus mengonsumsi susu.

6. Anda tidak bisa minum susu jika Anda intoleran terhadap laktosa

Kekhawatiran ini sempat membuat beberapa orang kecewa. Sebab, mitos tersebut menyatakan, Anda yang intoleran dengan laktosa tidak lagi bisa minum susu. Ketika sudah tidak bisa minum susu, darimana lagi gizi tersebut didapatkan.

Jangan khawatir, bagi Anda yang intoleransi dengan laktosa, sekarang ini sudah ada susu non-laktosa, sehingga Anda tetap bisa menikmati susu di pagi atau malam hari.

7. Jika Anda membeli susu kemasan, Anda harus merebusnya terlebih dulu

Mitos ini benar-benar keliru. Semua susu kemasan yangada, sudah melalui proses sterilisasi yang baik, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran berlebih terhadap susu kemasan. Bahkan, Anda bisa langsung mengonsumsinya setelah Anda membuka kemasan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini