Jangan Potong Kapalan di Tangan, Ini Alasannya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 10 Juni 2017 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 09 481 1712228 jangan-potong-kapalan-di-tangan-ini-alasannya-oeXSs0j3VH.jpg Ilustrasi (Foto: Bestcallusremoversguide)

MASALAH kapalan biasanya terjadi karena gesekan atau tekanan pada kulit. Kulit kemudian akan mengeras dan menebal.

Secara umum, kapalan adalah masalah umum yang bisa terjadi pada siapa pun. Kapalan yang terlalu lama bisa menggangu kepekaan dan ketangkasan tangan atau kaki yang mengalami kapalan.

Penanganan kapalan tidak bisa dianggap sepele. Alih-alih ingin hilang cepat, beberapa orang memutuskan untuk memotong atau mengiris kapalan yang ada di kulitnya. Padahal, apa yang dilakukan itu sangat berbahaya. Iritasi dan infeksi komplek bisa saja terjadi setelah Anda memotong secara paksa kapalan tersebut.

Dilansir dari Hamovhotov, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan di kulit. Antara lain adalah dengan menghilangkan kapalan dengan melembutkannya terlebih dulu. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan merendam bagian tubuh yang terdapat kapalan, lalu mengoleskan krim pelembab ke bagian kapalan.

Jika kapalan Anda relatif tipis, pelembab bisa jadi bahan utama yang Anda butuhkan. Selalu jaga kulit agar tetap lembab, kemudian gosok sedikit dan dalam beberapa menit, kapalan pun akan hilang.

Nah, untuk kapalan yang lebih keras, Anda mungkin harus menggunakan batu apung atau amplas untuk menghilangkannya. Tapi, jika dirasa itu menyakitkan dan malah berdampak buruk, sebaiknya periksakan lebih lanjut pada dokter Anda.

Sementara itu, cara terbaik untuk terhindar dari kapalan adalah menghindarinya. Untuk kapalan di tangan, cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu mengenakan sarung tangan bila ingin melakukan aktivitas yang mengharuskan tangan bergerak aktif. Sedangkan untuk kapalan di kaki, dengan selalu mengenakan sepatu atau sendal, itu sudah bisa jadi langkah ampuh untuk menghindari kapalan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini