nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Ini Gejala-Gejala Anda Sakit Tenggorokan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 10 Juni 2017 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 09 481 1712237 waspada-ini-gejala-gejala-anda-sakit-tenggorokan-PbLwkEUmY6.jpg Ilustrasi (Foto: Earnoseandthroatct)

KETIKA Anda berpuasa, sedikit perbedaan pada tubuh bisa langsung dirasakan. Hal tersebut terjadi karena tubuh dalam keadaan bersih atau bisa dikatakan netral.

Nah, apakah Anda merasakan sakit di bagian mulut dalam? Atau Anda sulit menelan? Ketika gejala itu sudah mulai Anda rasakan, dokter biasanya menyarankan untuk memperbanyak minum air putih, dan bila perlu konsumsi vitamin agar sistem imun tidak melemah.

Tapi, sebenarnya, penyakit apa yang memiliki gejala demikian? Dokter Spesialis THT dr Syahrial M Hutauruk coba menjelaskan. Menurut dia, itu adalah gejala awal dari sakit tenggorok.

Bukan hanya itu gejalanya, Anda yang akan terserang sakit tenggorok juga akan mengalami gejala lainnya. Gejalatersebut antara lain demam, sakit kepala, pada beberapa kasus terjadi nyeri juga pada telinga.

"Belum selesai, gejala berikutnya adalah nyeri sendiri atau yang biasa disebut badan ngilu, suara pun bisa serak, dan terakhir pembesaran KGB submandibula atau yang lebih populer disebut pembesaran kelenjar getah bening," terang dia saat diwawancari Okezone di Correlate, Setiabudi, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Nah, kalau sudah mengalami gejala tersebut, Anda harus memahami betul tubuh. Maksudnya adalah Anda harus sadar untuk menghindari hal-hal yang memperburuk kondisi, seperti makan makanan pedas dan berminyak atau minum minuman dingin dan bersoda.

dr Syahrial melanjutkan, namun penyakit tenggorok ini ada dua jenisnya. Yang pertama terjadi karena serangan virus dan satunya karena adanya bakteri di tenggorokan.

"Penanganannya pun tidak sama. Untuk sakit tenggorok karena virus, biasanya terjadi kurang dari 5 hari. Berbeda yang karena bakteri, itu bisa sampai dua minggu bila penanganan kurang baik," sambungnya.

Anda juga perlu mengetahui, bila sakit tenggorok karena virus, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi antibiotik. Karena penyakitnya terbilang singkat, antibiotik dirasa kurang pas. "Sistem imunnya nanti malam melemah bila dipaksa menerima antibiotik," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini