nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Tanda-Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin B12

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 10 Juni 2017 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 10 481 1712683 kenali-tanda-tanda-tubuh-anda-kekurangan-vitamin-b12-qBdVqHRt8J.jpg Ilustrasi (Foto: Bebrainfit)

TUBUH memang memerlukan vitamin untuk menjaganya tetap sehat. Untuk mendapatkan jumlah vitamin yang cukup, biasanya kita akan mengonsumsi makanan yang bergizi atau minum suplemen. Kekurangan vitamin tentunya membuat kinerja tubuh menjadi tidak optimal.

Jika akhir-akhir Anda mengalami kelelahan atau merasa pekerjaan ringan menjadi berat, ada kemungkinan Anda kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 merupakan vitamin yang penting untuk membantu menghasilkan sel darah merah.

Vitamin ini berasal dari produk hewani seperti susu, daging, telur, dan ikan. Gejala yang ditimbulkan karena kekurangan vitamin B12 mirip dengan gejala anemia, hipotiroidisme, dan masalah kesehatan lainnya sehingga biasanya terjadi kesalahan diagnosa.

Seperti yang dilansir dari StyleCraze, Sabtu (10/6/2017) terdapat beberapa tanda yang timbul bila kekurangan vitamin B12 yaitu :

1. Menjadi lebih lemah

Vitamin B12 adalah kunci untuk mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh Anda. Apabila Anda kekurangan vitamin itu, maka tubuh menjadi lebih lemah. Anda merasa mengantuk bahkan setelah tidur nyenyak atau mungkin pergi berpesta dengan teman membuat Anda merasa lebih lelah? Bisa jadi Anda kekurangan vitamin B12.

2. Merasa tas belanja sangat berat

Salah satu dampak dari kekurangan vitamin B12 adalah kelemahan otot. Sel darah merah yang seharusnya mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda terbentuk dalam jumlah yang lebih sedikit. Sehingga saat berjalan-jalan di mal, Anda merasa mengangkat barang yang bebannya terlalu berat padahal isinya tidak seberapa.

3. Menjadi pelupa

Kekurangan vitamin B12 juga bisa membuat Anda menjadi pelupa atau mengalami perasaan berkabut di otak Anda. Anda bisa saja tiba-tiba melupakan sejumlah janji dengan klien atau hari penting orang terdekat.

4. Mati rasa

Kurangnya asupan vitamin B12 dalam jangka waktu panjang bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan, pusing, hingga mati rasa.

5. Penurunan fokus mata

Kurangnya vitamin B12 juga mempengaruhi saraf optik Anda. Dalam beberapa kesempatan, fokus mata Anda akan menjadi kabur.

6. Mudah tersinggung

Vitamin B12 memproduksi neurotransmiter, seperti monoamina yang dapat mengubah suasana hati seseorang. Jika asupan vitamin berkurang, hal itu bisa berdampak pada mood yang tidak baik sehingga Anda mudah merasa tersinggung.

7. Kulit kusam dan pucat

Kekurangan vitamin B12 akan membuat Anda terkena masalah kulit. Biasanya kulit akan terlihat kusam dan pucat walaupun sudah mengenakan make up.

8. Tidak nafsu makan

Makanan favorit Anda sekalipun menjadi terlihat tidak enak apabila jumlah vitamin B12 di dalam tubuh berkurang. Selera makan Anda menjadi menurun karena hal ini.

9. Berat badan berkurang

Jangan merasa senang dulu apabila Anda mengalami penurunan berat badan. Karena kurangnya vitamin B12 juga bisa membuat Anda kehilangan berat badan. Tentunya hal ini tidak baik jika berlangsung terus menerus.

Banyaknya orang yang semakin gemar menjadi vegetarian membuat kasus kekurangan vitamin B12 pada tubuh menjadi meningkat. Temuilah dokter dan ahli gizi untuk mendapatkan informasi yang bisa membantu Anda merencanakan makanan apa saja yang harus dikonsumsi agar tubuh kaya akan semua jenis vitamin esensial.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini