nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Langkah untuk Cegah Terjadinya Kerusakan Ginjal

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 12 Juni 2017 05:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 10 481 1712883 3-langkah-untuk-cegah-terjadinya-kerusakan-ginjal-FHFKC6ZwPz.jpg Ilustrasi (Foto: Onsugar)

SEMAKIN lama penderita penyakit kerusakan ginjal jumlahnya meningkat. Tapi Anda dapat mencegahnya dengan pemeriksaan teratur.

Dr Ravi Bansal, Konsultan Senior Ginjal dari Rumah Sakit PSRI di India mengatakan, jumlah penderita penyakit ginjal meningkat akibat gaya hidup. Terutama dari pola makannya yang terlalu banyak konsumsi makanan asin.

Karena itu, Anda harus melakukan pencegahan secara primer, tersier dan sekunder. Bagaimana caranya?

Primer

Dilansir Timesofindia, Senin (12/6/2017), Anda harus melakukan pemeriksaan rutin untuk tekanan darah dan diabetes. Tes fungsi ginjal Anda secara berkala, setiap satu tahun sekali jika tidak memiliki riwayat penyakit ginjal. Jika ada, lakukan tes fungsi ginjal setiap enam bulan sekali.

Sekunder

Anda harus memperbanyak minum air putih dan menjauhi menghisap rokok. Serta jangan lupa untuk menghindari junk food dan makanan asin lainnya yang membuat Anda ketagihan.

Tersier

Jika Anda terdeteksi menderita penyakit ginjal lakukan tindakan segera dengan dokter spesialis. Dengan cara hemodialisa atau cuci darah, serta bisa melakukan transplantasi ginjal dengan tindakan yang aman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini