nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Camilan untuk Bayi Tak Boleh Sembarangan Ya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 11 Juni 2017 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 11 481 1713090 moms-camilan-untuk-bayi-tak-boleh-sembarangan-ya-GfpdCzD616.jpg Ilustrasi (Foto: Parents)

MAKANAN terbaik bayi tentunya air susu ibu (ASI). Pemberian ASI dianjurkan sampai bayi berusia 6 bulan. Setelah itu, makanan pendamping asi (MPASI) baru bisa diberikan.

Standar tersebut dianggap cocok karena anak sudah dianggap mampu mengoordinasikan gerak motorik halus. Seperti yang dijelaskan Praktisi Kesehatan Anak dr Margareta Komalasari, anak diusia itu dianggap sudah mampu meraih, mengambil, dan memindahkan benda dari tangannya dengan cukup baik. "Selain itu, anak juga mampu menjimpit benda dengan kedua jarinya," terangnya di Shangri La Jakarta, beberapa hari yang lalu.

Margaret juga memaparkan, pada periode itu, anak sudah menunjukan kemampuannya untuk memegang dan melepas makanan yang semakin berkembang. Dia melanjutkan, dalam fase ini, orang tua sudah bisa memberikan stimulasi berupa finger food dengan ukuran dan tekstur yang tepat.

"Ibu jangan sembarang memberikan camilan pada anak. Sebab, akan memengaruhi kesehatan si anak. Coba dipilihkan makanan yang tidak membuat anak tersendak seperti makanan yang mudah dikunyah dan mudah lumer tentunya," sambung dia.

Pemberian snack semacam itu tentunya berdampak baik juga untuk kemampuan menjimpit jemarinya serta kelincahannya tangannya juga. Tak hanya itu, stimulasi seperti itu juga baik untuk perkembangan kemandirian makan si anak yang nantinya akan baik saat dia masuk ke sekolah. "Anak jadi tidak kaku lagi pegang pensil atau alat tulis lainnya," terangnya.

Terkait dengan gizi, Margaret juga menyarankan untuk memberikan snack yang mengandung baik zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak. "Jangan lupa asupan energinya juga perlu diperhatikan agar tumbuh kembang dan kecerdasan si kecil sempurna," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini